Langsung ke konten utama

Manajemen Waktu Penelitian : Proses Serial dan Paralel

Tutorial Penelitian ~ Proses kerja serial adalah melakukan rangkaian tugas satu per satu dan aktivitas berikutnya tidak dapat dilakukan sebelum tugas yang terakhir selesai.

Sedangkan proses kerja paralel adalah kebalikan dari serial yaitu melakukan serangkaian beberapa tugas secara bersamaan dan berakhir bersama-sama pada saat yang sama.

Mungkin tampak bahwa daftar kegiatan dalam proyek penelitian adalah serial, tapi pada kenyataannya penelitian dapat dilaksanakan lebih dengan menggunakan proses paralel.

Anda dapat menyelesaikan beberapa hal pada saat yang sama. Misalnya, tidak bijaksana menyusun naskah skripsi, tesis atau disertasi harus menunggu semua data dan analisis selesai.

Ide yang baik untuk memulai menulis sedini mungkin. Pendahuluan, tinjauan pustaka, metodelogi dan pembahasan dapat langsung disusun sementara menunggu hasil kerja dari lapangan.

Tidak elok menunda semua tulisan di akhir jadwal dalam hal apapun, karena menulis selalu membutuhkan waktu lebih lama dari apa yang Anda antisipasi sejak awal.

Aktivitas kerja serial menanggung risiko besar. Jika salah satu area gagal, maka area yang lain tertunda. Jika Anda tersendat dalam satu tugas mengakibatkan proses penjadwalan ulang seluruh proyek penelitian.

Tentu saja salah satu bagian dari penelitian tergantung pada bagian yang lain, tetapi ide yang baik ketika merancang penelitian mencoba untuk mengurangi ketergantungan setiap bagian.

Sekian dulu tutorial pengelolaan waktu penelitian. Tips-tips yang lain dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial Manajemen Waktu Penelitian. Selamat Meneliti!

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…