Skip to main content

Letusan Gunung Berapi Raung Dari Satelit

Tutorial Penelitian ~ Letusan gunung berapi Raung dari satelit menunjuk debu dan abu vulkano di Jawa Timur yang membatalkan ratusan penerbangan di sekitarnya.

Setelah beberapa minggu gemuruh tektonik di bawah permukaan Gunung Raung, salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia mulai memuntahkan abu dan lava ke langit tropis Asia.

Setidaknya 900 penerbangan pesawat masuk dan keluar dari Bali dan bandara regional lainnya dibatalkan karena kekhawatiran kerusakan mesin jet oleh material yang melayang setinggi 6 kilometer (20.000 kaki).

Pada 12 Juli 2015, Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) di satelit NASA Aqua, menangkap gumpalan abu vulkanik dan gas di atas 3 kabupaten yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Resolusi sekitar 250 meter per pixel. Credit: NASA Earth Observatory

Hari sebelumnya Operational Land Imager (OLI) di Landsat 8 merekam lebih dekat dengan puncak kaldera di tengah-tengah beberapa awan senja dan streaming debu di timur dan tenggara.

Gunung Raung adalah stratovolcano yang meletus sedikitnya 13 kali dalam 25 tahun terakhir. Berdiri 3.332 meter (10.932 kaki) di atas permukaan laut dan dibatasi kaldera curam berdiameter 3 kilometer (2 mil).

Resolusi sekitar 25 meter per pixel. Credit: NASA/Jeff Schmaltz, LANCE/EOSDIS Rapid Response

Semua letusan Raung terjadi di dalam kaldera. Adventurer Aris Yanto merekam video lava berdenyut ke udara dari kerucut yang tampaknya terbentuk dari peristiwa letusan baru ini.

Tidak ada perintah evakuasi untuk warga yang tinggal di dekat Raung, meskipun pemerintah telah mendesak masyarakat untuk memakai masker agar tidak menghirup abu.


Comments

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Teknik Sampling