Langsung ke konten utama

New Horizons Kirim Gambar Close-up Bulan Charon

Tutorial Penelitian ~ NASA merilis close-up Charon, bulan terbesar Pluto. Citra zoom datang dari area permukaan Charon menampilkan fitur depresi dengan puncak dan kawah.

Bidikan diambil pada tanggal 14 Juli 6:30 a.m. EDT (3:30 a.m. PDT, 10:30 a.m. GMT) sekitar 80 menit sebelum pendekatan paling dekat dilakukan wahana New Horizons dengan Pluto dari sekitar 49.000 mil (79.000 km).

Gambar di bawah menunjuk daerah sekitar 240 mil (390 km) dari kiri ke kanan, termasuk beberapa kawah terlihat. Pesawat ruang angkasa dalam kondisi sehat dan semua sistem yang beroperasi normal.

Credit: NASA/Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/Southwest Research Institute.

"Fitur paling menarik sebuah gunung besar yang duduk di parit," kata Jeff Moore dari NASA Ames Research Center, Moffett Field, California, yang memimpin tim Geology, Geophysics and Imaging New Horizons.

Pengukuran terakhir yang diperoleh probe datang pada angka presisi bahwa Charon memiliki diameter 750,6 mil (1.208 km) atau hanya sekitar 9,5 persen diamater Bumi.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…