Langsung ke konten utama

Poligon Permukaan Beku di Planet Pluto

Tutorial Penelitian ~ Dispatch terbaru dari Planet Pluto merinci dataran beku, bukit es dan lain-lain. Gambar baru kiriman New Horizons mengisyaratkan geologi di planet kerdil.

Dataran beku terukir dalam jaringan poligon berbatasan dengan palung dangkal dan peregangan panjang dari pegunungan es Pluto. Beberapa palung diisi material gelap, mungkin iradiasi hidrokarbon.

Tim peneliti misi New Horizons mengumumkan saat konferensi pers 17 Juli lalu tentang segala sesuatu yang lain datang dari Pluto dan para planetolog masih dalam tahap menggaruk kepala.

"Ketika saya pertama kali melihat tidak mudah menjelaskan," kata Jeff Moore, planetolog NASA Ames Research Center di Moffett Field, California.

Poligon merentang 20 sampai 30 kilometer. Satu hipotesis adalah permukaan panci mendidih dimana panas mengalir dari bawah mendorong gelembung es. Atau retakan lumpur seperti di Bumi.

Credit: NASA/JHUAPL/SWRI

Dalam beberapa retakan duduk cluster bukit. Belum jelas seberapa tinggi atau bagaimana terbentuk. Mungkin terjadi karena dorongan atau mungkin sudah dipangkas habis oleh erosi.

Gambar resolusi lebih tinggi dengan fotografi stereo masih belum datang, tapi tim telah mendapat tampilan pertama bulan kecil Nix yang sekarang ini dipahami berdiameter 35 kilometer.

Data atmosfer awal juga menunjuk ekor nitrogen yang membentang jauh dari Pluto dalam arah yang berlawanan Matahari. Elektron dan proton angin Matahari mengionisasi dan menyapu dari planet.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…