Langsung ke konten utama

Manajemen Waktu Penelitian : Menaklukkan Perampok Waktu

Tutorial Penelitian ~ Perampok waktu selalu siap mengintai dan Anda harus mengembangkan strategi pemecahan untuk mengatasi diri sendiri.

Panik dan murung tiada guna dan tak ada satu pun orang lain yang bisa membantu. Bahkan perampok waktu itu sendiri datang memanfaatkan kelemahan Anda sendiri.

Realistis, perencanaan efektif dan tekad bulat untuk berhasil menjadi senjata pertahanan terbaik. Dua monster perampok waktu paling umum adalah menunda tindakan dan lemah semangat.

1. MENUNDA

Menunda adalah kecenderungan umum manusia. Banyak orang cenderung menunda sampai menit-menit terakhir karena mereka membutuhkan tekanan batas waktu agar motivasi terpicu.

Kadang-kadang menunda sesuatu adalah cara melupakan tugas yang terasa terlalu berat. Jika Anda tahu suka menunda tentu perlu menemukan beberapa metode untuk mengatasi kecenderungan tersebut.

Cara praktis untuk menyelesaikan tugas besar adalah memecah menjadi sub-sub tugas yang lebih kecil kemudian satu per satu dalam daftar sub tugas dicentang secara urut dan seterusnya.

Hindari melihat gambaran besar dan upayakan fokus pada satuan sub tugas. Ketika saatnya meninjau progres, Anda sudah mengakumulasi sub-sub tersebut dengan sendirinya menyelesaikan pekerjaan besar.

2. GAGAL MOTIVASI

Semua orang merasa termotivasi melakukan hal-hal tertentu yang digemari. Tetapi harus dipahami bahwa kenyataannya motivasi bukan prasyarat untuk pekerjaan yang tidak digemari.

Jika harus menunggu sampai muncul semangat, Anda harus menunggu rembulan yang tak akan kunjung datang. Motivasi cenderung mengikuti tindakan, jadi Anda dapat mengatasi dengan langsung melakukan tindakan kecil.

Banyak perampok-perampok waktu selain dia hal di atas seperti harus menghadiri undangan resepsi atau komitmen sosial lainnya. Solusinya adalah mengukur strategi sebagai bagian integral manajemen waktu.

Sekian dulu tutorial pengelolaan waktu penelitian. Tips-tips yang lain dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial Manajemen Waktu Penelitian. Selamat Meneliti!

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…