Skip to main content

Kabut Es, Gletser dan Geologi di Planet Pluto

Tutorial Penelitian ~ Arus es dan kabut menawarkan petunjuk lebih tentang geologi dan iklim Planet Pluto, New Horizons juga mengirim data baru tentang laut di bawah tanah.

Pekan lalu anggota tim ilmuwan New Horizons mengungkap temuan terbaru dari misi senilai US$720 juta dalam konferensi pers di kantor pusat NASA di Washington, DC.

New Horizons menunjuk detail menarik di Sputnik Planum yaitu wilayah luas dataran es sedikit kawah di Tombaugh Regio. Ada lapisan es tampaknya mengalir dengan cara yang mirip gletser di Planet Bumi.

"Pada suhu minus 390 derajat Fahrenheit (minus 234 derajat Celsius), es ini mengalir seperti gletser," kata Bill McKinnon, anggota tim misi dari Washington University, St Louis.

Es eksotis mengalir di permukaan Pluto dan warna kemerahan datang dari kabut tipis, wahana NASA New Horizons memberi laporan terbaru dan para ilmuwan berjuang membangun deskrispsi bagaimana siklus iklim dan cuaca Pluto.

Credit: NASA/JHUAPL/SwRI

Tanggal 24 Juli lalu NASA merilis data dari Planet Kerdil dalam siluet yang mengungkap lapisan kabut setidaknya 130 kilometer di atas permukaan Pluto atau 5 kali lebih jauh dari perkiraan sebelumnya.

Michael Summers, anggota tim New Horizons dari George Mason University di Fairfax, Va., mengatakan pada konferensi pers bahwa setengah atmosfer Pluto membeku dan jatuh ke permukaan planet.

Credit: NASA/JHUAPL/SwRI

Atmosfer mengandung gas metana. Ketika sinar ultraviolet dari Matahari berinteraksi dengan metana di atmosfer atas maka gas berubah menjadi hidrokarbon yang lebih kompleks seperti etilena dan asetilena.

Gas-gas ini turun ke bawah di bagian yang lebih dingin dari atmosfer Pluto dan mengembun menjadi partikel es. Sinar ultraviolet mengkonversi kabut untuk hidrokarbon disebut tholins yang jatuh ke tanah dan menciptakan patch gelap.

Credit: NASA/JHUAPL/SwRI

Dengan data terbaru para peneliti dapat mengidentifikasi warna untuk komposisi planet. Cathy Olkin, wakil proyek misi dari Southwest Research Institute di Boulder, Colo, menjelaskan pola pita bintik-bintik gelap tepat di perut planet.

Para ilmuwan menyebutnya Jantung Pluto. Berdasarkan gambar lebih rinci para ilmuwan berpikir nitrogen salju bergerak dari barat ke timur. Ada juga bukti es merayapi pulau-pulau di tepian jantung.

Credit: NASA/JHUAPL/SwRI

"Untuk melihat aktivitas geologi adalah mimpi yang menjadi kenyataan," kata William McKinnon, coinvestigator misi dari Washington University di St. Louis.

Aliran es mendukung hipotesis bahwa Pluto mungkin memiliki beberapa jenis laut di bawah permukaannya. Analisis data New Horizons lebih lanjut harus mengkonfirmasi prediksi ini.

Saat ini tim baru 4 hingga 5 persen dari keseluruhan data yang ditugaskan untuk dikumpulkan oleh probe selama flyby. Gambar tambahan dan informasi akan dirilis dalam beberapa minggu ke depan.

"Mulai bulan September saat itulah semua terbuka lagi," kata Alan Stern, pimpinan misi dari Southwest Research Institute.


Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,