Skip to main content

Jun Wang Mundur dari BGI dan Membangun AI

Tutorial Penelitian ~ Pimpinan terkemuka dan dihormati dunia di pusat penelitian genomik China tiba-tiba mengundurkan diri pekan lalu. Jun Wang meninggalkan jabatan kepala eksekutif BGI.

Jun Wang (39 tahun) seorang peneliti visioner meninggalkan jabatannya sebagai kepala eksekutif Beijing Genomics Institute (BGI) di Shenzhen dan akan mengelar penelitian tentang kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI).

BGI merilis pernyataan pada 17 Juli bahwa Wang yang juga memegang posisi terhormat di Universitas Kopenhagen, Aarhus dan Hong Kong akan tetap berafiliasi dengan genomik.

Wang mencatat prestasi besar di BGI selama 16 tahun terakhir yang meliputi sekuensing genom manusia Asia, panda raksasa dan mikrobiome usus manusia, serta Human Genome Project dan The 3.000 rice genomes project.

Wang bekerja di BGI sejak berdiri pada tahun 1999 di Beijing dan pada tahun 2007 pindah ke Shenzhen. Wang mendirikan lembaga bioinformatika menggunakan legiun ilmuwan komputer muda.

Pengunduran Wang sangat mengejutkan bagi para ilmuwan, tapi ia mengatakan akan tetap melakukan banyak hal untuk BGI dan bahwa ia sekarang ingin beralih untuk mencoba cakrawala baru.


"Ada beberapa alasan. Yang terbesar bahwa saya terlatih dalam AI bahkan sebagai sarjana. Bagi saya life science dan genomik mengalami hambatan dalam menangani data dari puluhan ribu sampel," kata Wang.

"Set data besar membutuhkan alat baru untuk analisis. AI dan machine learning bisa melakukan sesuatu terhadap data besar dan untuk kesehatan masyarakat," kata Wang.

"AI adalah satu cara untuk menganalisis data dan BGI akan terlibat tapi saya akan mencari mitra strategis, perusahaan teknologi informasi besar. Strategi akan berkembang," kata Wang.

"Tujuannya adalah sistem layanan dengan membuat data dapat diakses di seluruh sistem. Mungkin memiliki beberapa model bisnis. Seperti BGI, tetapi juga produk komersial," kata Wang.

"AI adalah kata seksi dan menggunakan. Tujuan pertama adalah digitalisasi data DNA, RNA, protein, metabolomik dan menindaklanjuti dengan data klinis bahkan perilaku," kata Wang.

"Hal ini perlu jaringan baru dan penggunaan mesin cerdas, hal yang mulai saya mainkan 20 tahun lalu," kata Wang.

"Saya adalah pengambil risiko. Saya selalu bertujuan untuk sesuatu yang lebih besar, lebih menantang, sesuatu untuk mengubah dunia. Ini adalah waktu yang baik bagi saya untuk terus bergerak," kata Wang.
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,