Langsung ke konten utama

Teleskop Setengah Pipa CHIME Mencari Energi Gelap

Tutorial Penelitian ~ Teleskop setengah pipa menyelidiki energi gelap alam semesta remaja. Canadian observatory bertujuan memeta tingkat ekspansi kosmik 10 hingga 8 miliar tahun lalu.

Canadian Hydrogen Intensity Mapping Experiment (CHIME) berbentuk seperti setengah pipa segera bertugas memasukkan celah penting catatan kosmologi yaitu apa yang terjadi pada semesta ketika masih muda.

Data ini memungkinkan kosmolog mengukur apakah kekuatan energi gelap yaitu gaya percepatan ekspansi alam semesta berubah dari waktu ke waktu. Sebuah pertanyaan yang belum terselesaikan tentang nasib kosmos.

Seperti halnya teleskop radio khas hidangan parabola, CHIME terdiri dari 4 antena semi silinder dengan panjang 100 meter yang terletak di dekat kota Penticton, British Columbia.

Pada tahun 2016 CHIME harus mendeteksi gelombang radio yang dipancarkan hidrogen di dalam galaksi jauh. Observasi ini menjadi pengukuran pertama kalinya tingkat ekspansi alam semesta periode 10-8 miliar tahun lalu.

Pada periode tersebut kosmos adalah seorang anak yang tumbuh menjadi orang dewasa. Lurus setelah Big Bang 13,8 miliar tahun lalu laju ekspansi alam semesta adalah melambat.

Tapi di suatu tempat selama periode remaja, energi gelap telah mengubah ekspansi alam semesta yang lambat menjadi tingkat percepatan seperti yang diamati para kosmolog hari ini.


Para ilmuwan mengukur tingkat ekspansi masa lalu alam semesta menggunakan objek-objek kuno seperti ledakan supernova dan void antar galaksi yang begitu jauh dan cahayanya mencapai Bumi hari ini.

Survei quasar yaitu objek misterius super terang yang datang dari seluruh galaksi telah menunjukkan bahwa sampai 10 miliar tahun lalu ekspansi alam semesta adalah lambat.

Selama beberapa dekade terakhir benda-benda tersebut telah banyak mengungkap bahwa kosmos telah berkembang pada tingkat percepatan selama lebih dari 6 miliar tahun lalu.

Tapi kosmologi berjuang untuk mengukur tingkat ekspansi sementara meninggalkan pertanyaan terbuka apakah kekuatan gaya tolak energi gelap terhadap gravitasi mungkin bervariasi dari waktu ke waktu.


CHIME dirancang untuk mengisi kesenjangan tersebut. Antena setengah pipa menerima gelombang radio langsung yang datang dari mana saja sepanjang wilayah langit pada waktu tertentu.

"Ketika Bumi berputar, bentuk lurus ini menyapu langit," kata Kendrick Smith, astrofisikawan Perimeter Institute for Theoretical Physics di Waterloo yang bertugas menganalisis data CHIME.

Untuk memilah mana sinyal individu berasal maka sebuah superkomputer dibangun terdiri dari 1.000 unit pengolahan grafis yang digunakan untuk mengekstrak data hampir 1 terabyte per detik.

Superkomputer CHIME khusus untuk gelombang radio dengan panjang gelombang menunjuk umur 11-7 miliar tahun lalu yang dipancarkan oleh hidrogen di ruang antarbintang dalam galaksi.


CHIME tidak bisa membedakan galaksi individu, tapi gumpalan ribuan galaksi bisa dipetakan dengan tingkat perluasan rumpun yang pada gilirannya menghitung kekuatan energi gelap selama waktu itu.

CHIME juga bisa untuk mendeteksi misteri ratusan semburan radio cepat yang berlangsung hanya dalam milidetik dan sampai hari ini tidak memiliki penjelasan astrofisika.

Selain itu CHIME membantu eksperimen lain untuk mengkalibrasi pengukuran gelombang radio dari bintang neutron yang berputar cepat. Peneliti berharap dapat mendeteksi riak ruang dan waktu yang dikenal sebagai gelombang gravitasi.

CHIME adalah bagian dari tren yang berkembang dalam astronomi. Sejumlah eksperimen yang aktif atau dalam tahap instalasi adalah Cherenkov Telescope Array di Chili dan kepualauan Canary.

Square Kilometer Array juga direncanakan dibangun di situs Australia dan Afrika Selatan yang dirancang untuk melihat emisi hidrogen dengan panjang gelombang 21 centimeter.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…