Langsung ke konten utama

Ilmuwan Skotlandia Marah Atas Larangan Tanaman GM

Tutorial Penelitian ~ Para peneliti Skotlandia protes larangan tanaman genetically modified (GM). Larangan tanaman rekayasa genetika menjauhkan invonasi negeri.

Organisasi penelitian di Skotlandia meminta pemerintah mempertimbangkan kembali keputusan baru yang melarang tanaman komersial hasil genetically modified (GM).

Para ilmuwan di nagara tersebut menyatakan larangan ini memiliki risiko menghambat kontribusi Skotlandia dalam bioteknologi dan kehilangan daya saing inovasi pertanian yang penting dalam mengembangan pangan berkelanjutan.

Sebanyak 28 organisasi ilmuwan menandatangai surat yang dikirim pada 18 Agustus kepada sekretaris kabinet Skotlandia untuk urusan pedesaan, makanan dan lingkungan Richard Lochhead.

Uni Eropa baru-baru ini mengizinkan negara individu anggotanya seperti halnya Skotlandia melarang tanaman GM di wilayahnya. Banyak ilmuwan marah bahwa Lochhead telah membuat keputusan tanpa konsultasi publik.

Pada tanggal 9 Agustus Lochhead mengumumkan tidak akan menyetujui tanaman jagung tahan hama, satu-satunya tanaman GM yang disetujui Uni Eropa untuk dibudidaya.


Lochhead juga tidak menyetujui 6 tanaman GM lain di bawah evaluasi Otoritas Keamanan Makanan Eropa. Alasannya Lochhead adalah untuk "melindungi dan lebih meningkatkan status hijau bersih".

"Ada kemarahan," kata Chris Peters, juru bicara Sense About Science, sebuah organisasi nirlaba di London.

Dalam jangka pendek keputusan pemerintah tidak akan mempengaruhi petani di Skotlandia karena tidak banyak jagung tumbuh di sana. Tapi larangan menempatkan petani Skotlandia kehilangan daya saing.

Organisasi penelitian dan masyarakat termasuk Royal Society of Edinburgh dan British Society of Plant Breeders telah meminta bertemu dengan Lochhead untuk membahas bukti ilmiah tentang tanaman GM.

Sebuah kebijakan memiliki efek negatif perkembangan ilmu pengetahuan di Skotlandia. Mereka mengatakan larangan ini menjauhkan Skotlandia dari inovasi masa depan di bidang pertanian, perikanan dan kesehatan.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…