Skip to main content

Lubang Hitam Simpan Informasi dalam Hologram 2 Dimensi

Tutorial Penelitian ~ Fisikawan teoritis Stephen Hawking mengusulkan solusi tentang masalah lubang hitam bahwa informasi interior dikodekan oleh cahaya 'supertranslation'.

Salah satu pertanyaan paling membingungkan fisikawan adalah apa yang terjadi pada informasi tentang keadaan fisik hal-hal yang ditelan oleh lubang hitam. Apakah hancur? Jika demikian maka melanggar mekanika kuantum.

Cahaya bergeser sepanjang bagian luar lubang hitam adalah kunci untuk memahami apa yang ada di dalamnya. Stephen Hawking menyampaikan hal tersebut dalam sebuah konferensi di Stockholm 25 Agustus.

Hawking mengatakan lubang hitam tidak benar-benar menelan dan menghancurkan informasi fisik. Sebaliknya menyimpannya dalam hologram 2 dimensi pada permukaan cakrawala peristiwa.

Segala sesuatu dikodekan dengan informasi mekanika kuantum dan seharusnya tidak pernah sepenuhnya hilang apa pun yang terjadi. Bahkan jika tertelan ke dalam lubang hitam.

Seperti kita pahami lubang hitam adalah dimensi ruang-waktu oleh gravitasinya sendiri menciptakan jurang maut yang menelan materi apapun yang mendekat di area jangkauan sekitarnya.

Bahkan cahaya tidak dapat melarikan diri karena tarikan gravitasi begitu kuat. Kehilangan informasi berarti melanggar prinsip kunci mekanika kuantum yang disebut dengan paradoks informasi.

Hawking dan 2 kolaborator mengklaim bahwa isi sebuah lubang hitam diinventarisasi hologram pada batasnya yaitu cakrawala peristiwa untuk menyimpan informasi yang berlaku pada setiap lubang hitam di alam semesta.


"Ini memecahkan paradoks informasi. Tidak disimpan di bagian dalam lubang hitam, tetapi dalam batas cakrawala peristiwa," kata Hawking saat konferensi Radiasi Hawking di KTH Royal Institute of Technology.

"Idenya adalah supertranslation dalam hologram. Informasi ini dipancarkan dalam fluktuasi kuantum, meskipun kacau. Keberadaan sejarah alternatif lubang hitam menunjuk ini mungkin," kata Hawking.

"Lubang menjadi besar dan jika berputar mungkin memiliki Universe lain. Tapi Anda tidak bisa kembali lagi ke alam semesta lama. Jadi meskipun saya tertarik pada penerbangan luar angkasa, saya tidak akan mencoba," kata Hawking.

Fisikawan lain mengatakan usulan tersebut terdengar menarik tetapi hanya sebagai bukti matematika pendukung yang belum lengkap. Tapi Hawking yakin dapat benar-benar merumuskan cara berpikir tentang lubang hitam.

Pada akhirnya fisikawan berharap menyelesaikan paradoks informasi sehingga dapat membantu memahami bagaimana gravitasi beroperasi pada skala kecil yang diatur oleh mekanika kuantum.

Sekarang Hawking bersama Andrew Strominger dan Malcolm Perry meminjam teori string cakrawala peristiwa berisi hologram 3 dimensi yang sempurna mendeskripsi 4 dimensi ruang-waktu di dalam lubang hitam.



Hologram tersusun dari cahaya yang terjebak di cakrawala peristiwa. Cahaya bergerak di tempat seolah-olah mendayung ke hulu pada kecepatan yang sama dengan arus sungai.

Hawking dan rekan berpendapat proton, atom atau materi apapun yang melayang ke dalam lubang hitam menyebabkan beberapa cahaya bergeser di sepanjang cakrawala peristiwa.

Karena setiap materi meninggalkan susunan tanda tangan, maka hologram mengkodekan semua hal di dalam lubang hitam. Akhirnya radiasi Hawking membawa informasi dari lubang hitam sedikit demi sedikit.

Strominger mengatakan tantangannya adalah membuktikan bahwa supertranslation memiliki kapasitas penyimpanan sangat besar yang diperlukan untuk melestarikan semua informasi tentang isi lubang hitam.

"Ini mungkin bukan satu-satunya jenis perangkat penyimpanan yang menggunakan hologram," kata Strominger.

Namun dia mengatakan penerapan supertranslation ke lubang hitam merupakan langkah maju yang penting dan tidak bergantung pada prinsip pembuktian apakah teori string benar.

Beberapa fisikawan mengatakan sulit untuk melakukan penilaian tanpa meninjau kertas. Perdebatan akan terus menyala sampai sampai bulan depan ketika Hawking dan rekan menyerahkan paper ke jurnal.
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,