Skip to main content

Bidikan Wahana Mars Express Orbiter di Kutub Selatan

Tutorial Penelitian ~ Wahana Mars Express Orbiter melihat kutub selatan Planet Merah, tim ESA menyelidiki kutub, kawah dan dataran tinggi kuno di Planet Mars.

Selama pencitraan normal, High Resolution Stereo Colour Imager (HRSC) di Mars Express mengambil gambar yang menunjuk lurus ke bawah menuju permukaan.

Bidikan titik paling dekat dengan planet di sepanjang orbit elips pesawat ruang angkasa dari ketinggian sekitar 185 mil (300 kilometer).

Namun dalam pengamatan biasa dengan orbit berbeda, kamera menyorot di atas permukaan jauh di atas planet dengan titik terjauh sekitar 6.150 mil (9900 km).

Sudut pandangan luas memungkinkan kamera HRSC merekam berbagai fitur pada kondisi pencahayaan yang memungkinkan kalibrasi penting sesuai sensor kamera.

Credit: ESA/DLR/FU Berlin

Bagian bawah gambar adalah kutub selatan yang tertutup es terdiri dari air beku dan karbon dioksida. Fitur ini berubah dalam ukuran dan bentuk seiring perubahan musim.

Gambar tersebut diambil ketika kutub selatan musim panas, tapi selama musim dingin es halus meluas ke wilayah-wilayah yang dapat dilihat di sekelilingnya.

Bagian tengah adalah dataran tinggi kuno yang mengalami erosi dengan kepadatan kawah tumpang tindih. Banyak pola gelap, gundukan berdebu tersapu angin dan terakumulasi di kawah dan lembah.

Di kiri atas sebagian Hellas yaitu cekungan raksasa. Fitur ini mencakup lebih dari 1.360 mil (2200 km) dan kedalaman 5 mil (8 km). Dua kanal yaitu Dao Vallis dan Niger Vallis masuk dari tepi cekungan.

Wilayah blur terlihat di bagian atas gambar terkait dengan awan. Fitur tipis dengan lapisan halus atmosfer mengikuti kelengkungan planet di cakrawala.

Comments

Popular

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Jenis-Jenis Teknik Sampling