Skip to main content

Homo naledi, Selamat Datang Kerabat Baru

Tutorial Penelitian ~ Kerabat baru memaksa kita memikirkan kembali pandangan sejarah nenek moyang. Temuan tulang setidaknya 15 individu sebagai temuan besar.

Lebih dari 1.500 fosil dari sistem gua Rising Star di Afrika Selatan dinobatkan sebagai spesies baru manusia yaitu Homo naledi yang menampilkan kombinasi unik manusia dan non-manusia pada seluruh kerangka.

Pada September 2013, dua penjelajah gua (caver) menemukan tulang dalam ruang juah hampir tidak dapat diakses di dalam ruang Dinaledi Chamber sekitar 25 mil dari Johannesburg.

Situs gua Rising Star tak jauh dari situs Cradle of Humankind tempat ditemukan kerangka Australopithecus africanus berdating 2,3 juta tahun yang sekarang menjadi World Heritage Site UNESCO.

Dua bulan kemudian Lee Rogers Berger, paleoantropolog Universitas Witwatersrand, memimpin tim excavator berbadan ramping karena tubuhnya sendiri tidak memungkinkan menyusuri lorong sempit.

Pada tahun 2008 Berger menemukan Australopithecus sediba, hominin 2 juta tahun yang diangkat dari gua Malapa yang juga tidak jauh dari situs Cradle of Humankind.

Proses pemulihan tulang-belulang dan ekstraksi fragmen dipublikasikan secara luas dengan banyak video dan siaran live sehingga publik dapat menyaksikan sejarah baru sedang diarsipkan.


Dua makalah yang diterbitkan di jurnal online eLIFE menampilkan apa yang disibukkan Berger dan tim internasional atas penemuan lebih dari 1.500 fosil manusia yang mewakili setidaknya 15 individu dari bayi hingga dewasa.

Tim peneliti berencana menerbitkan lusinan dan lokakarya pada bulan-bulan mendatang. Situs Dinaledi Chamber untuk sementara dikunci rapat sambil menunggu rencana para peneliti selanjutnya.

Meskipun banyak informasi tentang karakteristik fisik H. naledi masih banyak menyisakan misteri seperti berapa umur fosil, di mana H. naledi cocok dalam cabang evolusi dan bagaimana kerangka terbaring jauh di dalam gua.

Dalam satu makalah berjudul Homo naledi, a new species of the genus Homo from the Dinaledi Chamber, South Africa Berger dan rekan menjelaskan kombinasi karakteristik unik primitif dan modern.

Misalnya, ukuran otak kecil, jari melengkung, bentuk bahu dan sendi pinggul mirip Australopithecus (kera pra-manusia) dan spesies Homo habilis (kera manusia).

Tapi pergelangan tangan, tangan dan kaki terlihat paling mirip Homo neanderthalensis dan Homo sapiens. Gigi memiliki beberapa fitur primitif, tetapi relatif kecil dan sederhana.

Beberapa materi tubuh kecil tampak paling mirip Homo erectus yang ditemukan di situs Dmanisi, Georgia, berdating 1,8 juta tahun. Sulit untuk memasukkan ke dalam pohon keluarga sehingga Naledi dianggap spesies baru.
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,