Friday, October 16, 2015

Delta Flume, Mesin Pembuat Gelombang Terbesar Di Dunia

Tutorial Penelitian ~ Mesin pembuat gelombang terbesar buatan manusia diresmikan. Para ilmuwan di Belanda membuat mesin gelombang terbesar di dunia.

Mesin laboratorium yang dibangun menelan biaya sekitar US$ 30 juta berisi hingga 2,4 juta galon air memproduksi gelombang buatan manusia terbesar di dunia.

Seperti anak-anak membangun istana pasir di garis pantai, para ilmuwan di Belanda membangun sebuah fasilitas eksperimental di Deltares yang membiarkan dinding tanggul dihamtam air.

Delta Flume diresmikan 5 Oktober adalah palung berisi air sepanjang 300 meter, tinggi 9,5 meter dan lebar 5 meter. Pada salah satu ujung duduk pelat logam raksasa sebagai papan gelombang.


Empat piston bergerak pulang pergi dan sebagainya untuk menyiapkan jenis pelepasan gelombang laut. Perjalanan gelombang sepanjang flume untuk menguji apapun termasuk desain tanggul, kerikil pantai buatan atau tiang turbin angin.

Flume ini sebagian besar terinspirasi pertempuran bersejarah Belanda melawan laut. Setengah dari bangsa ini di bawah permukaan laut dan bajir tahun 1953 menewaskan lebih dari 1.800 orang.

Bangsa Belanda sangat terobsesi dengan berbagai teknologi dan aplikasi sebagai upaya untuk menjaga tanggul penahan banjir sepanjang 3000 kilometer garis pantai negara kecil itu.



Deltares mengundang peneliti internasional, pemerintah dan kontraktor swasta dapat menemukan jalan berbagai inovasi yang saat ini dikelola oleh tim terdiri dari ilmuwan 35 dan konsultan di lembaga ini.

Pertahanan pesisir menjadi sangat penting seiring kenaikan permukaan laut dan model-model iklim menyarankan beberapa bagian dari planet Bumi semakin sering dilanda bencana.

Flume juga dapat memberikan wawasan baru ke dalam proses alami seperti transportasi sebaran sedimen di sepanjang garis pantai dan sifat-sifat mekanik tanah pesisir.



Negara-negara lain memiliki fasilitas gelombang besar juga, meskipun desain yang tepat berbeda dari satu ke yang berikutnya. Japan's Port and Airport Research Institute memiliki flume yang meniru tsunami.

Fasilitas flume baru Belanda menggantikan versi yang lebih tua dan kecil setelah 35 tahun digunakan selama ini. Delta Flume menghasilkan intensitas gelombang 2.2 meter hingga 4,5 meter.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment