Friday, October 30, 2015

Kesalahan Statistik Masif Hasil Penelitian Psikologi

Tutorial Penelitian ~ Setengah hasil penelitian psikologi mengandung kesalahan dan setidaknya 1 dari 8 mengandung kesalahan besar yang mempengaruhi kesimpulan.

Sebuah studi menunjukkan 49,6 persen hasil penelitian di bidang psikologi mengandung setidaknya 1 inkonsistensi dan 12,9 persen mengandung setidaknya 1 inkonsistensi licik untuk mempengaruhi kesimpulan.

Prevalensi inkonsistensi tetap relatif stabil selama bertahun-tahun bahkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada semua sub-bidang sosial, klinis dan eksperimental dalam laporan penelitin psikologi.

Michele B. Nuijten, mahasiswa PhD Tilburg University, menggunakan software cerdas yaitu Statcheck hanya butuh kurang dari 2 jam untuk mengecek lebih dari 30.000 makalah yang diterbitkan 8 jurnal antara tahun 1985 hingga 2013.

Perangkat lunak ini menemukan bahwa 16.700 hasil penelitian meliputi uji signifikansi hipotesis dengan 50% di antaranya memiliki P value tidak konsisten.

Selain itu secara keseluruhan menemukan lebih dari 258.000 nilai P yang dilaporkan dalam makalah dimana 10% tidak konsisten dengan data-data yang terkait.

Meta analisis yang dilakukan Nuijten adalah temuan penting yang menunjukkan tingkat kesalahan dan karena itu berpotensi kecerobohan atau praktek penelitian buruk yang terjadi dalam beberapa dekade terakhir.

Ada paket perangkat lunak lain yang dapat memeriksa nilai-nilai P. Statcheck adalah paket open-source yang dapat diterapkan dengan mudah oleh para peneliti, rewiever dan editor.

Tapi validasi statsitik bukan kata akhir. Nuijten memperingatkan kadang-kadang salah menafsirkan hasil dan inkonsistensi tidak dilaporkan dalam format standar American Psychological Association.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment