Langsung ke konten utama

Prosedur Sukses Transplantasi Wajah Total

Tutorial Penelitian ~ Petugas pemadam kebakaran menerima transplantasi wajah total dalam operasi bedah plastik bersejarah.

Setelah 93 hari transplantasi, tim bedah mengatakan Patrick Hardison, petugas pemadam kebakaran di Mississippi yang pensiunan penuh luka-luka pada tahun 2001 ketika atap terbakar menimpa dirinya, mengalami pemulihan penuh.

Ahli bedah di New York University Langone Medical Center menyatakan transplantasi wajah sukses. Prosedur ini memberi wajah baru kepada Hardison berumur 41 tahun.

Pada bulan Agustus lalu tim bedah terdiri 100 ahli yang terbagi dalam 2 tim melakukan transplantasi kepada Hardison selama 26 jam dan selama 93 hari selanjutnya dipantauan setiap saat.

Kepala bedah plastik Eduardo Rodriguez mengatakan bahwa sistem tubuh Hardison tidak menolak wajah baru sehingga mereka yakin prosedur berbahaya bisa dijalani dengan sukses.

Hardison memiliki kesempatan 50/50 bertahan hidup dengan transplantasi yang melibatkan penutupan teliti, rekoneksi pembuluh darah dan saraf, pemotong wajah lama, reparasi tulang wajah dan pemasangan wajah baru.

Ia menerima wajah David Rodebaugh, 26 tahun, dari Brooklyn yang hidup dalam keadaan vegetatif akibat kecelakaan sepeda. Jantung, ginjal, liver dan mata juga disumbangkan untuk pasien lain.

Wajah Rodebaugh adalah tawaran ketiga kepada Hardison. Tawaran pertama dari seorang pria Hispanik yang tidak disetujui keluarganya. Tawaran kedua seorang wanita yang menolak Hardison.


Hellen Irving, kepala organisasi pengadaan organ, mengatakan bahwa menemukan wajah yang cocok untuk Hardison sangat sulit seperti pencocokan golongan darah, tinggi, berat, warna kulit, warna rambut dan antibodi.

Karena kulit adalah organ tubuh terbesar dan pertahanan utama dengan demikian pertama dan terkuat penjaga penyakit dan infeksi. Hardison harus mengambil pil untuk sistem kekebalan tubuhnya selama hidupnya.

Selama ini 3 dan 5 pasien lain yang telah menerima transplantasi wajah di seluruh dunia meninggal setelah sistem imun menolak jaringan baru. Dokter umumnya melihat respon ini dalam waktu 90 hari dari operasi.

Tapi setelah 3 bulan Hardison sangat baik. Rodriguez mengatakan dalam 6 bulan Hardison mampu makan makanan normal dan meningkatkan suara dan pendengaran secara dramatis.

Tahun depan tim dokter juga akan memperbaiki dan menjahit ulang jaringan sehingga wwajah menjadi semakin lebih baik. Selain itu Hardison juga menghadapi terapi pemulihan emosional.

"Ada banyak bekas luka yang harus kita urus. Ada banyak kesedihan. Ketika orang dengan cacat tubuh serius menghidar dari cermin, mereka dalam masalah," kata Rodriguez.

Pada tahun 2001 Hardison tidak pernah melihat cermin selama 63 hari. Bertahun-tahun mengenakan topi, kacamata hitam dan daun telinga palsu. Dua dari 5 anak-anaknya tidak pernah tahu wajahnya sebelum kebakaran.



Hardison kecanduan obat penghilang rasa sakit. Dalam 14 tahun mengalami 71 operasi di wajah yang hanya ditutup cangkok kulit tanpa kelopak mata, telinga atau kulit kepala.

"Sekarang dia memiliki wajah baru. Dia senang dengan hal ini. Kami mengajaknya ke toko pakaian dan tidak ada orang yang menatapnya, tidak ada dampak pada orang lain," kata Rodriguez.

Hardison mengatakan penampilan sebelum transplantasi membuat anak-anak berlari menjerit dan menangis ketakutan ketika melihatnya. Baginya adegan ini lebih buruk daripada mati.

Sukses transplantasi Hardison hampir bertepatan dengan peringatan 10 tahun pertama transplantasi wajah parsial seorang wanita Perancis berumur 38 tahun bernama Isabelle Dinoirre yang digigit anjing.

Di AS, seorang wanita bernama Connie Club dari Cleveland yang ditembak oleh suaminya di wajah, menjalani transplantasi pertama pada tahun 2008. Transplantasi wajah penuh diberikan pada tahun 2010 kepada seorang pria Spanyol.

Pada tahun 2011 seorang pria berumur 25 tahun dari Texas menerima transplantasi bibir, kulit, otot, saraf dan hidung dalam program militer AS bagi tentara dengan luka wajah parah.

Biaya prosedur, persiapan dan rehabilitasi Hardison pada kisaran US$850 ribu hingga US$1 juta atau hampir sama dengan transplantasi jantung. Semua biaya ditanggung dari hibah universitas.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…