Skip to main content

Usulan Definisi Baru Objek Disebut Planet

Tutorial Penelitian ~ Definisi 9 tahun lalu tentang sebuah objek disebut planet menghadirkan banyak masalah seiring semakin berlimpahnya temuan exoplanet.

Sejak akhir 1980-an, para ilmuwan telah menemukan ribuan objek yang mengorbit bintang selain Matahari. Tapi astronom masih dalam posisi tidak pasti tentang apa yang sebenarnya mereka temukan.

Pada pertemuan 47th American Astronomical Society, astronom mendeskripsi tes matematika sederhana untuk memisahkan sebuah planet dari planet kerdil dan bintang kerdil.

Definisi resmi sebuah planet yang diterbitkan oleh International Astronomical Union (IAU) pada tahun 2006 hanya berlaku untuk tubuh di dalam tata surya yang telah menciptakan ambiguitas.

Definisi yang diputuskan IAU mengalami masalah karena hanya berlaku untuk objek di dalam tata surya saja, sedangkan para ilmuwan hari ini memiliki ribuan objek di luar tata surya yang harus diklasifikasi.

"Saya ingin klasifikasi berlaku baik untuk sistem surya dan exoplanet," kata Jean-Luc Margot, astronom University of California Los Angeles.

Sebuah makalah ditulis Margot mengusulkan untuk memperluas definisi planet berlaku semua sistem exoplanet tanpa harus memerlukan perangkat teleportasi untuk memutuskan apakah objek yang baru ditemukan adalah sebuah planet.

Beberapa kebingungan berasal dari kenyataan bahwa definisi IAU tidak membahas bagaimana mengklasifikasi di luar tata surya. Sekarang IAU harus memperbaiki dan memperluas definisi mereka.

Ketika diterapkan pada sistem tata surya, matematika Margot jelas menempatkan 8 planet dalam satu kategori yang berbeda dan planet kerdil seperti Ceres, Pluto dan Eris di tempat lain.

Memecahan masalah ini yaitu definisi baru yang sederhana berlaku untuk ribuan dunia yang mengorbit bintang selain Matahari dengan exoplanet yang terus-menerus ditemukan NASA Kepler dan observatorium pemburu planet lainnya.


Berikut petikan wawancara Margot seperti dimuat di laman Los Angeles Times:

Apakah sudah waktunya untuk definisi baru planet?

Ya.

Bagaimana International Astronomical Union mendefinisikan planet sekarang?

Definisi resmi IAU tentang planet adalah benda angkasa yang (a) mengorbit Matahari, (b) hampir bulat, dan (c) telah membersihkan lingkungan di sekitar orbitnya.

Bagaimana definisi baru Anda berbeda?

Usulan saya juga memuat 3 komponen bahwa planet adalah benda angkasa yang (a) mengorbit satu atau lebih bintang atau sisa-sisa bintang, (b) memiliki massa cukup untuk membersihkan lingkungan di sekitar orbitnya, dan (c) memiliki massa di bawah 13 kali massa Jupiter.

Apa artinya bagi tubuh yang membersihkan lingkungan di sekitar orbitnya?

Akresi material terdekat atau mengontrol materi di dekatnya. Saya harus menambahkan bahwa planet tidak pernah dapat benar-benar membersihkan orbitnya karena masuknya komet dan asteroid terus menerus.

Mengapa Anda tidak menerapkan aturan berdasarkan planet kita untuk exoplanet?

Aturan 2006 mengharuskan khusus mengorbit Matahari, sehingga kita tidak mampu menerapkan kriteria ini untuk exoplanet. Di luar itu, kriteria kebulatan juga bermasalah.

Ukuran sebuah objek mencakup berbagai macam nilai tergantung pada suhu, kekuatan interior dan evolusi termal. Tak satu pun dari hal-hal ini dapat diamati dari Bumi pada exoplanet.

Apakah planethood tergantung sama sekali pada komponen material?

Tidak. Kriteria dapat berlaku terlepas dari komponen penyusunnya karena kita tidak dalam posisi untuk mengukur exoplanets ini terbuat dari apa.

Apa manfaat dari definisi baru Anda?

Ada sebuah persamaan di balik itu untuk menyudahi beberapa ambiguitas dalam definisi. Juga, ketika Anda menyusun matematika pembersihan orbit sampai batas tertentu dalam jangka waktu tertentu ternyata bergantung pada massa bintang, massa planet dan periode orbit.

Salah satu keuntungan utama kriteria yang saya usulkan dapat dengan mudah diterapkan untuk membandingkan ukuran Bumi dengan teleskop berbasis ruang.

Apakah mungkin mendeteksi tubuh di sekitar bintang jauh jika tidak cukup besar untuk menjadi sebuah planet?

Mungkin tidak bisa untuk saat ini. Jika Anda melihat 5000 exoplanet yang telah kita deteksi sejauh ini semuanya di luar kriteria secara substansional. Tetapi tidak terbayangkan kita mampu mendeteksi tubuh seperti Pluto atau Eris di masa depan dengan teknologi lebih maju.

Bagaimana Anda memutuskan bahwa 13 kali di bawah massa Jupiter harus batas maksimum atas planethood?

Saya mengikuti rekomendasi sebuah kelompok kerja IAU beberapa tahun lalu. Rekomendasi mereka adalah ambang 13 kali massa Jupiter. Ini adalah massa di mana deuterium di dalam tubuh. Batas atas ini dirancang untuk membedakan antara planet dan katai coklat.

Bagaimana Pluto di bawah definisi baru ini?

Status Pluto tidak berubah. Pluto bukan sebuah planet. Sangat jelas gagal membersihkan zona orbitnya. Pluto adalah dunia yang menakjubkan dan tidak kehilangan pesona karena klasifikasinya.

Comments

Popular

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Jenis-Jenis Teknik Sampling