Langsung ke konten utama

Elemen Atom 115, 117, 118 dan 113 Masuk Tabel Periodik Kimia

Tutorial Penelitian ~ Empat elemen mendapatkan kursi permanen di tabel periodik kimia. Peneliti Amerika Serikat, Rusia dan Jepang mendapat kredit penemuan resmi.

Baris ketujuh dari tabel periodik elemen atom secara resmi sudah penuh terisi. Pada tanggal 30 Desember International Union of Pure and Applied Chemistry mengumumkan deretan lengkap.

Tim kolaborasi peneliti AS-Rusia mencapai bukti yang cukup untuk mengklaim penemuan unsur Z = 115, 117 dan 118, sedangkan IUPAC memberikan kredit untuk penemuan unsur Z = 113 kepada peneliti RIKEN di Wako, Jepang.

Kesulitan dalam membangun unsur-unsur baru ketika peluruhan menjadi isotop yang sampai sekarang perlu tegas diidentifikasi mengingat keterbatasan metode yang dapat langsung mengukur jumlah atom Z.


Kedua kelompok mensintesis elemen dengan mengaduk hamburan nuclei ringan satu sama lain dan pelacakan peluruhan unsur-unsur radioaktif superheavy yang menyertainya.

Para peneliti Joint Institute for Nuclear Research di Dubna, Rusia, dan Lawrence Livermore National Laboratory di California, adalah salah satu lembaga yang mendapat kredit unsur 115, 117 dan 118 juga telah mengklaim elemen 113 pada tahun 2004 dan 2007.

Lynn Soby, direktur eksekutif IUPAC, mengatakan penerbitan makalah tentang temuan unsur-unsur baru muncul di awal 2016 ini. Pengakuan resmi berarti para penemu mendapat hak pemberian nama dan simbol.

Formalisasi nama dan simbol sedang dalam proses dan untuk sementara dinamai ununtrium (Uut atau elemen 113), ununpentium (UUP, 115), ununseptium (Uus, 117) dan ununoktium (Uuo, 118).

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…