Langsung ke konten utama

Alien Peradaban Kardashev Duduk di Cluster Globular

Tutorial Penelitian ~ Untuk mencari peradaban maju carilah lokasi gugus bintang. Lingkungan galaksi stabil, planet berdekatan memberi jangka panjang yang aman untuk hidup.

Gugus bintang tua dan padat mungkin tempat terbaik munculnya sebuah Peradaban Kardashev berisi alien canggih untuk bertahan hidup dari bencana kosmik di sebuah galaksi yang keras.

Bintang berumur panjang dan stabil dalam kelompok berdekatan relatif mudah melakukan perjalanan dari satu sistem bintang ke sistem lainnya bisa memberikan ruang yang aman bagi setiap spesies berteknologi tinggi.

"Probabilitas peristiwa bencana kosmik menghancurkan peradaban lebih kecil," kata Rosanne Di Stefano, astronom Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, menyajikan di pertemuan ke-227 American Astronomical Society, 7 Januari.


Gugus bintang globular packing ratusan ribu bintang dalam sebuah bola hanya selebar beberapa ratus tahun cahaya. Mereka juga cukup kuno dengan umur lebih dari 10 miliar tahun.

Semua bintang-bintang besar dalam cluster meledak pada jangka waktu sangat lama dan meninggalkan populasi bintang bermassa rendah. Bintang-bintang juga cukup berdekatan satu sama lain.

Proxima Centauri memiliki jarak antar bintang di inti gugus bola hanya 0,01 tahun cahaya atau sebanding dengan lebar tata surya. Langit malam sangat terang dan juga membuat perjalanan antar bintang mudah dilakukan.

Pemburu planet umumnya menghindari gugus bintang karena sulit untuk membedakan satu bintang dari bintang yang lain. Bintang-bintang tua di cluster juga minim unsur-unsur berat prasyarat adanya planet berbatu.

Tetapi teleskop ruang Kepler menunjukkan bahwa planet-planet dapat terbentuk di sekitar bintang dari segala usia. Planet di sekitar bintang bermassa rendah harus nyaman hingga bintang host cukup hangat untuk air cair.

Di Stefano dan Alak Ray, astronom Tata Institute of Fundamental Research di Mumbai, menghitung berapa lama planet layak huni bertahan di berbagai daerah cluster.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…