Skip to main content

Uji Klinis Pankreas Buatan Untuk Diabetes Mellitus Tipe 1

Tutorial Penelitian ~ Uji klinis jangka panjang terbesar sistem pankreas buatan untuk diabetes tipe 1 mellitus segera mulai digulirkan tahun ini.

Para peneliti segera melakukan salah satu uji klinis jangka panjang terbesar yang pernah dilakukan untuk sebuah sistem yang dirancang membantu mengatur kadar gula darah pengidap diabetes mellitus tipe 1.

Sistem pankreas buatan dikembangkan tim peneliti University of Virginia (UVA) School of Medicine dan Harvard John A. Paulson School of Engineering and Applied Sciences (SEAS).

Dana US$12,7 juta dari National Institutes of Health (NIH) untuk mendukung 2 eksperimen selama 6 bulan bekerjasama dengan mitra lembaga lainnya melibatkan 240 pasien di sembilan lokasi di Amerika Serikat dan Eropa.

Data U.S. Centers for Disease Control and Prevention menunjuk angka 1,25 juta orang memiliki diabetes tipe 1 hanya di Amerika Serikat saja. Kerusakan sel beta penghasil insulin dari pankreas menyebabkan diskontrol glukosa.

Penderita harus waspada memantau kadar glukosa darah dan bila perlu input dosis insulin melalui suntikan atau pompa infus. Kegagalan mempertahankan tingkat glukosa menyebabkan hiperglikemia serta komplikasi lain.


"Pankreas buatan perlu membuktikan keamanan dan kemanjuran dalam uji penting jangka panjang dalam lingkungan alami pasien," kata Boris Kovatchev, direktur UVA Center for Diabetes Technology.

"Tujuan utama kami membangun sebuah paradigma terapi baru diabetes yaitu pankreas buatan, jaringan dapat beradaptasi dengan pasien dalam ekosistem pengobatan digital," kata Kovatchev.

Melalui teknik kontrol medis dan perilaku, sistem pankreas buatan dirancang memasok insulin pada tingkat tepat. Tidak hanya bereaksi terhadap perubahan tubuh, tetapi juga akurat memprediksi kadar glukosa darah masa depan.

Pankreas buatan bukanlah organ replika, tetapi sebuah sistem pengiriman insulin scara otomatis yang dirancang untuk meniru fungsi pengaturan glukosa seperti pada orang sehat.

Sistem tertutup terdiri dari pompa insulin, monitor yang ditanam di bawah kulit dan software dalam smartphone untuk mengukur berbagai variabel metabolisme termasuk makanan, aktivitas fisik, tidur dan stres.

"Idenya adalah peningkatan kualitas hidup bagi individu dengan penyakit ini. Sebuah sarana untuk benar-benar memperpanjang kualitas hidup sehat," kata Francis Doyle.

Pada bagian pertama melibatkan 240 pasien dengan diabetes tipe 1 untuk menguji keamanan dan efektivitas pankreas buatan untuk 6 bulan sementara mereka tetap melakukan rutinitas normal sehari-hari.

Tes kedua melibatkan 180 pasien yang menyelesaikan tes pertama selama 6 bulan tambahan untuk menguji kemampuan algoritma kontrol adaptif canggih yang sudah disipakan.

Hari ke hari, jam ke jam, berbagai tekanan mempengaruhi tubuh manusia dan mengubah cara merespon glukosa. Tekanan fisik, kecemasan, ayunan hormonal semua berubah menysuaikan keseimbangan.

"Tantangan terbesar dalam desain pankreas buatan adalah ketidakpastian yang melekat dalam tubuh manusia," kata Doyle.


Comments

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Teknik Sampling