Langsung ke konten utama

Korea Selatan Tertinggi Persentase Investasi Penelitian

Tutorial Peneltian ~ Korea Selatan memimpin dalam investasi penelitian. Poros-poros kekuatan Asia memuncak dalam kompetisi riset dan teknologi yang mengubah peta tradisional.

Korea Selatan secara jelas menempatkan penelitian paling intensif di dunia, sementara China mencapai tonggak dengan menyentuh angka 2% dari produk domestik bruto (PDB).

Pekan lalu Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) melaporkan Korea Selatan pada tahun 2014 menginvestasikan 4,29% dari PDB untuk anggaran research and development (R&D).


Persentase terebut menyalip Israel ke peringkat kedua dengan perentase 4,11%. Peningkatan Korea Selatan sebagian besar karena kenaikan investasi industri dan negara terebut sudah bertekat mencapai 5% pada tahun 2017.

China juga terus menuangkan lebih banyak tenaga untuk penelitian. Pada tahun 2014 proporsi PDB dikhususkan untuk R&D mencapai 2,05% dan menyalip Uni Eropa yang menginvestasikan 1,94%.


Nilai absolut belanja R&D China sekitar sepertiga lebih rendah dari Eropa. Tapi OECD mengatakan jika memperhitungkan upah rendah di China, daya beli R&D bangsa tersebut jauh melampaui Uni Eropa.

Jika disesuaikan dengan daya beli, belanja R&D China tahun 2014 setara 80% Amerika Serikat untuk tahun 2013. Para pengamat meramal akhir dekade ini China menyalip Amerika Serikat.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…