Langsung ke konten utama

Vaksin Anti-Kanker Tumor Sudah Mulai Tahap Uji Klinis

Tutorial Penelitian ~ Uji klinis vaksin penghancur tumor kanker sudah dimulai. Langkah revolusioner telah datang untuk menuntaskan upaya secara efektif memerangi sel-sel kanker.

Sebuah vaksin baru dikembangkan para peneliti King’s College London melangkah ke tahap uji klinis berharap terbukti efektif untuk menghancurkan tumor di mana saat ini semua metode lain telah gagal.

Dua sukarelawan pertama disuntik dengan obat di Rumah Sakit Guy di London dari total sekitar 30 sukarelawan yang direncanakan mengambil bagian dalam desain klinis untuk setidaknya dalam 2 tahun ke depan.

Mirip dengan vaksin yang melindungi kita dari infeksi tertentu, vaksin anti-kanker juga mencoba melatih sistem kekebalan tubuh untuk menyerang dan menghancurkan entitas tertentu dalam hal ini kasus sel-sel kanker.

Biasanya berbagai komponen sistem kekebalan tubuh yang meliputi sel darah putih seperti sel T mampu melindungi terhadap kanker dengan membunuh sel-sel tumor, meskipun beberapa tumor dapat menangkis pertahanan alami.

Ketika kanker berkembang ke stadium lanjut, sistem kekebalan tubuh tertekan. Banyak faktor bertanggung jawab mulai dari superioritas sel-sel tumor merusak sel-sel kekebalan itu sendiri hingga penurunan produksi sel darah putih di sumsum tulang.


Vaksin biasanya diberikan dengan menyuntik pasien sejumlah kecil antigen yaitu zat-zat yang mampu memancing respon kekebalan dan menstimulasi untuk memproduksi antibodi yang mengkhususkan diri untuk menghancurkan entitas tertentu.

Kemampuan untuk menghasilkan antibodi ini bertahan untuk jangka waktu panjang yang berarti sistem kekebalan tubuh dapat menangkis kasus penyakit yang sama di masa depan.

Vaksin baru kanker terdiri dari fragmen kecil enzim yang ditemukan dalam sel-sel kanker. Disebut human telomerase reverse transcriptase (hTERT), enzim mengatur panjang tutup pelindung kromosom atau telomere.

Para ilmuwan berharap vaksim merangsang sistem kekebalan tubuh pasien untuk menghasilkan antibodi yang menargetkan enzim ini sehingga memfasilitasi penghancuran sel-sel kanker secara berkelanjutan.

Untuk mematik proses start, vaksin dikombinasi dengan dosis rendah kemoterapi untuk membunuh beberapa sel tumor dan disinhibit sistem kekebalan tubuh. Para peneliti percaya vaksin efektif untuk semua jenis tumor.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…