Langsung ke konten utama

ASAPbio Deklarasi Situs Web Server Pre-Print Biologi

Tutorial Penelitian ~ Para biolog mendesak preprint biologi semakin luas. ASAPbio menyediakan para ilmuwan biomedis menerbitkan langsung ke Internet untuk dibaca publik.

Fisikawan, matematikawan, ekonom dan ilmuwan komputer telah melakukan. Sekarang para biolog meyakinkan kepada para ilmuwan lain untuk melakukan juga yaitu memposting hasil penelitian secara online sebelum peer-review dan publikasi jurnal formal.

Pada tanggal 29 Februari Carol Greider, biolog Johns Hopkins University dan pemenang Hadiah Nobel tahun 2009 untuk fisiologi dan kedokteran, melakukan sesuatu yang dianggap tabu yaitu mempublikasikan hasil penelitian ke repository bioRxiv.

Sekarang inisiatif semakin mendenggung. Situs web ASAPbio (asapbio.org) yang menampung para biolog untuk mempublikasikan laporan hasil penelitian ke dalam "pracetak" seperti halnya repository yang dapat diakses publik.

ASAPbio didorong tumbuhnya frustrasi beberapa peneliti atas lambatnya penerbitan di jurnal yang dapat berlangsung hingga hitungan tahun sehingga menghambat karir para ilmuwan karena tidak mendapat pengakuan sampai hasil kerjanya diterbitkan.


Naskah pra-publikasi yang diposting online mempercepat penyebaran, memberikan cara nyata agar mahasiswa dan postdocs mengutip kontribusi mereka ke dalam literatur dan merangsang diskusi dan ide-ide lebih lanjut.

Ada tanda-tanda bahwa para biolog siap mengikuti jejak rekan-rekan mereka dalam ilmu fisika yang rutin menyerahkan hasil temuan ke server preprint arXiv sebelum peer-review yang didirikan 25 tahun lalu.

Sebelum ASAPbio, server preprint biologi adalah bioRxiv yang berdiri tahun 2013 dan berkembang pesat terutama bidang data-intensif seperti biologi komputasi dan genomika. Jurnal lainnya seperti F1000Research juga mendorong postingan manuskrip sebelum peer review.


Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…