Langsung ke konten utama

Komisi Uni Eropa Umumkan Rencana Proyek Kuantum Senilai €1 Miliar

Tutorial Penelitian ~ Eropa rencanakan proyek teknologi kuantum. Kebijakan unggulan ketiga Uni Eropa serupa dalam ukuran dan ambisi setelah graphene dan otak manusia.

Komisi Eropa diam-diam mengumumkan rencana investasi megaproyek senilai €1 miliar untuk meningkatkan pengembangan teknologi kuantum mulai dari sistem jaringan komunikasi yang aman, sensor gravitasi hingga jam ultra tepat.

Inisiatif yang direncanakan bergulir pada 2018 serupa dalam ukuran, skala waktu dan ambisi atas dua proyek Eropa yang selama satu dekade ini telah dilakukan yaitu Graphene Flagship dan Human Brain Project, meskipun format tepat belum diputuskan.

Blueprint di belakang inisiatif diterbitkan bulan Maret disebut Quantum Manifesto dimana negara di seluruh dunia berinvestasi dalam teknologi ini sehingga jika Eropa tidak bertindak cepat terancam tertinggal menjadi pemain lapis kedua.


Perusahaan-perusahaan AS sudah berinvestasi dalam komputasi kuantum sejak lama dan ilmuwan China sudah mendekati penyelesaian pembangunan 2.000 kilometer link komunikasi kuantum untuk mengirim informasi secara aman antara Beijing dan Shanghai.

Inisiatif ini memiliki aplikasi kuat di pasar industri seperti jaringan komunikasi kuantum, kamera ultra-sensitif dan simulator kuantum yang dapat membantu merancang material-material baru, sementara untuk jangka panjang mendorong visi futuristik komputer kuantum dan ponsel.

Proyek teknologi kuantum yang sudah ada di beberapa negara Uni Eropa bersifat individu seperti UK Quantum Technologies Programme dan QuTech initiative di Belanda. Tapi untuk mencapai tingkat komersial dalam waktu dekat, inisiatif tunggal terintegrasi sangat penting.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…