Skip to main content

Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI) Resmi Berdiri

Tutorial Penelitian ~ Indonesia meresmikan skema pertama kalinya pendanaan multi tahun untuk penelitian ilmiah sebagai sejarah baru yang 70 tahun telah diabaikan.

Indonesia yang memiliki ekonomi 16 terbesar di dunia dengan dukungan dari Australia, Amerika Serikat dan Inggris akhirnya memiliki skema pendanaan multi tahun untuk membiayai penelitian ilmiah jangka panjang kelas dunia.

Akademi Ilmu Pngetahuan Indonesia (AIPI) meluncurkan Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI) yaitu organisasi dana penelitian pertama di Indonesia yang menyediakan hibah untuk batas-batas tertinggi sains mirip National Science Foundation di AS.

Meskipun memiliki lebih dari 3000 universitas dan 400 lembaga penelitian, Indonesia secara tradisional sama dengan negara-negara mayoritas Islam lainnya di dunia yaitu tertinggal dalam penelitian ilmiah dan ilmu pengetahuan.

Bahkan peringkat 57 dalam jumlah laporan jurnal akademik yang dihasilkan di bawah negara lain di Asia Tenggara yaitu Thailand (43), Malaysia (36) dan Singapura (32). Data Bank Dunia anggaran R&D Indonesia kurang 0,01% dari PDB atau setara dengan Senegal.

“DIPI mendukung visi AIPI dalam mempromosikan budaya ilmiah unggul di Indonesia dengan cara menciptakan komunitas ilmiah dan ekosistem yang mendukung berkembangnya ilmu pengetahuan,” kata Presiden AIPI, Sangkot Marzuki.


Marzuki mengatakan peluncuran DIPI merupakan tonggak baru dalam sejarah Indonesia. Skema ini memberikan ekosistem lebih baik untuk mendukung penelitian paling mendasar yang selama ini telah diabaikan Indonesia dalam 70 tahun terakhir.

DIPI digagas sejak 2012 hingga akhirnya resmi berdiri 29 Februari 2016 setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden No. 9/2016 tentang Perubahan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga AIPI. Keppres menjadi dasar hukum berdirinya DIPI sebagai lembaga mandiri dinaungi AIPI.

"Dana Sains adalah jawaban atas keluhan para peneliti karena mereka juga sering disalahkan karena tidak produktif," kata Satryo Soemantri Brodjonegoro, wakil presiden AIPI.

"Uang bukan satu-satunya masalah bagi para peneliti, tetapi juga fakta tidak ada lingkungan yang kondusif untuk melakukan penelitian tanpa dana yang mencukupi," kata Brodjonegoro.

DIPI yang didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah Departemen Keuangan berkomitmen memberikan angka kasar sebesar Rp.39 miliar per tahun dicairkan kepada peneliti selain juga didukung oleh pemerintah AS, Inggris dan Australia.

Direktur Eksekutif DIPI, J. W. Saputro, mengatakan pada tahun pertama memberikan hibah untuk penelitian di bidang kesehatan dan lingkungan, tetapi lembaga memiliki 8 fokus bidang yaitu:
  • Corak dan keragaman budaya
  • Pesisir, maritim dan sumber daya hayati
  • Biologi, kesehatan dan gizi
  • Air, pangan dan energi
  • Geologi, iklim dan alam semesta
  • Kebencanaan dan ketahanan masyarakat
  • Materialogi dan komputasi
  • Ekonomi, sosial dan pemerintahan
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,