Langsung ke konten utama

Miliarder Rusia Yuri Milner Kirim Pesawat Ke Bintang Alpha Centauri

Tutorial Penelitian ~ Miliarder internet Rusia, Yuri Milner, berencana kirim pesawat ke luar Tata Surya. Dana US$100 juta sebagai bukti konsep perjalanan galaksi ke Alpha Centauri.

Ruang angkasa sangat mempesona, tetapi hanya sedikit yang berani memulai perjalanan ruang antar bintang. Sekarang koalisi pengusaha dan ilmuwan merancang pesawat ruang angkasa seukuran ponsel bertenaga laser untuk mencapai α Centauri.

Alpha Centauri adalah sistem bintang terdekat dengan Tata Surya. Milner membayangkan probe kecil menempuh jarak 4,37 tahun cahaya (1,34 parsec) pada kecepatan 20% cahaya sehingga bisa perjalanan hanya memakan waktu 2 dekade.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia, kita bisa melakukan lebih dari sekedar mengamati bintang. Kami bisa menjangkau mereka," kata Milner saat konferensi pers 12 April di New York.

Milner mengumpulkan kekayaan hasil investasi di Facebook, Twitter, Spotify dan Groupon. Dia mendirikan Breakthrough Prizes dan tahun lalu meluncurkan Breakthrough Initiatives senilai US$ 100 juta untuk memburu alien menggunakan teleskop optik dan radio.

Program terbaru adalah misi Breakthrough Starshot yang didasarkan pada teori bahwa pesawat ruang angkasa ringan bisa memanfaatkan momentum yang dibawa oleh foton dalam rangka melakukan perjalanan tanpa bahan bakar.


Breakthrough Starshot bertaruh ledakan laser terkonsentrasi mendorong perangkat seukuran ponsel dengan berat 1 gram yang dilengkapi mikroelektronika dan layar kecil melesat semakin cepat hampir 40 triliun kilometer ke bintang Alpha Centauri untuk mempelajari planet-planet di sana.

Sementara pesawat ruang angkasa umumnya bertenaga Matahari dan plutonium seperti NASA New Horizons harus mengambil 9 tahun untuk mencapai Pluto, "nanocraft" yang dibayangkan Breakthrough Starshot melewati planet kerdil dan keluar tata surya hanya dalam 3 hari.

"Manusia melampaui batas-batas, kita mengatasi batas ini dengan pikiran dan mesin-mesin. Dengan berkas cahaya dan layar ringan, pesawat ruang angkasa kecil meluncur ke Alpha Centauri hanya dalam 1 generasi," kata fisikawan Stephen Hawking dalam konferensi pers.

Anggaran proyek awal US$100 juta hanya mencakup penelitian dan pengembangan pesawat ruang angkasa tersebut. Tetapi tujuan utamanya adalah untuk menunjukkan bukti konsep program internasional mengirim armada ke ruang angkasa.


Teknologi masih membutuhkan upaya ilmiah dan rekayasa rancang bangun teknologi laser yang diperlukan, material dan sistem komunikasi. Tetapi kemajuan terbaru dalam mikroelektronika dan photonik memungkinkan proyek besar melewati batas-batas ilmiah.

"Ini adalah proyek ambisius, tapi kami tidak melanggar aturan. Semua berdasarkan fisika fundamental. Pada dasarnya keberhasilan proyek ini tergantung pada kita," kata Avi Loeb, fisikawan teoritis Harvard University di Cambridge, dalam konferensi pers.

Probe dibawa roket konvensional ke orbit Bumi, kemudian membuka layar. Di Bumi array laser bertenaga tinggi menembak setiap hari. Pesawat ruang angkasa bisa dilengkapi sensor untuk menyelidiki planet atau asteroid sepanjang jalan.

Tantangan pertama adalah di microfabrication yang selama ini didorong oleh industri ponsel. Proyek ini mengembangkan Starchip yang memiliki kamera, pendorong foton, power supply, navigasi dan peralatan komunikasi.



Hari ini Chip dapat dibangun dengan berat hanya 370 miligram dan menurut perhitungan pada tahun 2030 bisa turun menjadi hanya 220 miligram. Starchips bisa diproduksi secara massal dengan biaya setara iPhone.

Tantangan kedua adalah nanoteknologi yaitu mengembangkan material berlayar cahaya yang memiliki ketebalan tidak lebih dari beberapa ratus atom sehingga dapat membantang beberapa meter dengan berat tidak lebih dari beberapa gram.

Tantangan ketiga datang dalam teknologi laser. Belum ada teknologi laser yang cukup kuat, tetapi jika perkembangan terus mengikuti hukum Moore, tim Breakthrough Starshot menghitung teknologi siap dalam waktu beberapa dekade.

"Persiapan proyek memakan waktu satu generasi, tapi pertama kalinya kita dapat mengatakan dengan keyakinan bahwa kita dapat melakukannya dalam waktu dekat," kata Milner.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…