Wednesday, April 20, 2016

UK Biobank Meluncurkan Proyek Pencitraan Medis 100.000 Orang

Tutorial Penelitian ~ Studi pencitraan medis terbesar dunia dengan memindai 100.000 warga Inggris. UK Biobank memulai proyek untuk melakukan pencitraan kesehatan penduduk.

UK Biobank yaitu nirlaba repositori data biologis di Stockport, Inggris, mengumumkan rencana untuk memindai organ 100.000 orang selama 6 sampai 8 tahun ke depan dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan teknik standar lainnya.

Sebuah upaya untuk mengisi data beragam kesehatan dan gaya hidup yang memungkinkan para peneliti meningkatkan pemahaman dan diagnosis berbagai penyakit seperti kanker, demensia, arthritis, osteoporosis dan jantung koroner.

Relawan nantinya membolehkan jantung, otak, tulang hingga lemak tubuh dipindai yang membantu dokter melakukan analisis untuk menemukan hubungan banyak penyakit dan cara-cara untuk mendeteksi penyakit sejak dini.


Proyek pada akhirnya membuat perpustakaan biomedis yang belum pernah terjadi sebelumnya berisi detail tulang, otak, arteri dan jantung di samping distribusi lemak di sekitar mereka. Data nantinya dapat diakses para ilmuwan dan industri di seluruh dunia.

UK Biobank didirikan pada tahun 2006 oleh Medical Research Council (MRC) dan Wellcome Trust bertujuan menyediakan sumber daya bagi para peneliti dengan mengumpulkan data diet, aktivitas fisik, gaya hidup dan fungsi kognitif serta sampel darah dan DNA setengah juta orang.

Sejauh ini Biobank memiliki DNA dari 150.000 orang dan 350.000 orang pada akhir tahun nanti. Mereka memiliki data aktivitas fisik 100.000 relawan hasil monitoring selama 7 hari. Sampel darah dianalisis untuk mengukur hormon, glukosa, lipid dan aspek lainnya.

Sebuah proyek percontohan untuk menambah gambar biomedis ini dilengkapi dengan hasil scan dari 8000 orang. Scaling sampai dengan 100.000 orang diproyeksi menelan biaya £43 juta yang akan ditanggung MRC dan Wellcome Trust.



Pencitraan mencakup:
  • Jantung - Diameter ruang, volume aliran darah, ketebalan dinding, ukuran aorta toraks, bentuk dan kelenturan.
  • Otak - Struktur dan fungsi, volume materi abu-abu, pemetaan koneksi otak besar.
  • Lemak - Distribusi seluruh tubuh, volume lemak dalam perut termasuk di hati dan pankreas.
  • Tulang - X-ray untuk mengukur kepadatan tulang, arthritis tulang belakang, pinggul dan lutut serta patah tulang belakang.
  • Arteri - USG untuk arteri karotis kedua sisi leher menuju otak.
Ada banyak potensi karena scan diambil dari relawan sehat atau sakit sehingga peneliti bisa mengidentifikasi perubahan sebelum gejala muncul yang suatu hari bisa meningkatkan diagnosis dan identifikasi faktor risiko baru serta peningkatan metode pemindaian itu sendiri.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment