Skip to main content

Bulan S/2015 (136472) 1 MK 2 Mengorbit Planet Kerdil Makemake

Tutorial Penelitian ~ Bulan yang tidak pernah terlihat sebelumnya mengorbit planet kerdil Makemake. Para peneliti mengumumkan temuan bulan S/2015 (136472) 1 atau MK 2.

Para peneliti mengumumkan bulan baru duduk di sabuk Kuiper berdasarkan observasi menggunakan teleskop luar angkasa Hubble yang mengungkap satelit berputar-putar di sekitar planet kerdil jauh Makemake seperti yang diduga sebelumnya.

Planet Makemake yang ditemukan pada tahun 2005 di Sabuk Kuiper adalah bagian dari koleksi benda es di luar orbit Neptunus sebagai objek terbesar di sabuk dengan ukuran dua pertiga diameter Pluto.


Planet kerdil lain di sabuk Kuiper termasuk planet Pluto dan lebih jauh Eris memiliki satelit besar sehingga menjadi dasar teori para ilmuwan bahwa Makemake juga harus memiliki satelit. Tetapi beberapa pencarian sebelumnya tidak muncul.

"Sudah 11 tahun sejak Makemake ditemukan. Ini benar-benar bulan yang menghabiskan sebagian besar waktu bersembunyi dari pengamatan," kata Alex Parker, astronom Southwest Research Institute di Boulder, Colorado.

Ketika Parker dan rekan merencanakan pengamatan bulan April 2015 berpikir objek harus 100.000 kali lebih redup dari Pluto. Tapi mereka terkejut ketika bulan hanya 1.300 kali lebih redup dari Makemake muncul di lensa Hubble tanggal 27 April 2015.


"Kami terkejut karena bulan tidak sesamar itu," kata Parker.

MK 2 menghilang lagi 2 hari kemudian sehingga Parker dan tim menyimpulkan bahwa orbit bulan berada di sisi tepi dari sudut pandang pengamat dimana selama pencarian sebelumnya juga hilang dalam silau cahaya Makemake.

Tim peneliti tidak bisa mengatakan banyak tentang bulan baru, tapi mungkin memiliki diameter 160 kilometer dan mengililingi Makemake pada radius 21.000 kilometer. Jika orbit adalah melingkar mungkin menyelesaikan sirkuit setiap 12 hari.

Perlu lebih banyak pengamatan untuk menentukan orbit sehingga dapat menggunakannya mengetahui massa. Jika beruntung para peneliti bisa membuat peta kasar permukaan mirip metode pemetaan yang dilakukan pada Pluto tahun 1990-an.



MK 2 dapat membatu memecahkan beberapa misteri tentang Makemake. Pengamatan emisi termal sebelumnya menggunakan telskop Spitzer dan Herschel menyarankan kerdil terdiri dari 2 bagian sangat berbeda yaitu hangat-gelap dan dingin-cerah.

"Bulan memungkinkan kita melakukan rekontekstualisasi pengamatan dan material gelap," kata Parker.

Sementara Makemake seterang salju tapi jika bulan gelap seperti arang para peneliti bisa menyimpulkan bulan adalah objek Sabuk Kuiper independen yang ditangkap gravitasi Makemake. Ini sangat berbeda dengan bulan Pluto yang terbentuk sejak tabrakan besar.
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,