Skip to main content

Ilmuwan di Large Hadron Collider (LHC) Membuat Open Data Online

Tutorial Penelitian ~ Narasumber rahasia alam semesta telah dibuka. Sejumlah besar data partikel laboratorum fisika terbesar di dunia Large Hadron Collider (LHC) sekarang online.

Di dalam terowongan 27 kilometer terkubur 175 meter di bawah desa kecil dekat Geneva dan perbatasan Swiss-Perancis berisi mesin fisika dikenal sebagai Large Hadron Collider di mana para ilmuwan mengaduk partikel untuk mencari sifat dasar alam semesta.

Anda perlu datang langsung ke LHC yang dibangun oleh European Organization for Nuclear Research (CERN) tersebut untuk mengikuti proses eksperimen yang dilakukan dan apa saja hasil yang ditemukan ketika partikel saling bertabrakan.

Tapi sekarang para ilmuwan menyediakan data secara online sehingga siapa saja dapat mencoba memilah dan menganalisis dari rumah. Data yang disajikan di situs http://opendata.cern.ch disampaikan dalam 2 format sesuai pengguna.


Pertama, bagian yang ditujukan untuk pendidikan yang menampilkan set data ringan bagi komputer Anda. Di sini mahasiswa dapat melihat visualisasi eksperimen termasuk partikel Higgs boson yang memenangkan Hadiah Nobel.

Kedua, data bagi para peneliti yang mengharuskan menginstal mesin virtual karena data disajikan dalam bentuk mentah sehingga Anda dapat menggunakannya dengan harapan mata segar kemungkinan menghasilkan wawasan baru.

CERN telah membuat beberapa hasil penelitian tersedia open selama bertahun-tahun. Tapi pada massa 300 terabyte atau setara dengan 20.000 akun penyimpanan Gmail, fasilitas data terbaru jauh lebih besar dari sebelumnya.

"Ilmuwan di CERN harus mengumumkan hasil penelitian yang didanai publik merupakan tuntutan serius," kata Salvatore Rappoccio, fisikawan Massachusetts Institute of Technology yang bekerja di CERN.

"Selain memberikan pelayanan yang baik dari dana yang kami peroleh, juga memberikan manfaat ilmiah untuk bidang kita secara keseluruhan," kata Rappoccio dalam sebuah pernyataan.

Ilmu pengetahuan selama berabad-abad sering disimpan sendiri. Sekarang banyak ilmuwan percaya berbagi data dapat membantu meningkatkan reproduktifitas dan mencegah tumpang tindih yang membuang-buang waktu dan memboroskan dana publik.

Comments

Popular

Two Way ANOVA SPSS

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Jenis-Jenis Teknik Sampling