Langsung ke konten utama

Mandat Uni Eropa Semua Hasil Penelitian Open Access Tahun 2020

Tutorial Penelitian ~ Di bawah proposal Uni Eropa semua karya ilmiah bebas pada tahun 2020. Hasil penelitian yang didukung dana publik dan publik-swasta dimuat Open Access (OA) seluruhnya.

Reformasi sains Uni Eropa memandatkan semua karya ilmiah yang didanai publik dapat diakes gratis pada tahun 2020. Demikian hasil pertemuan Dewan Daya Saing yang dihadiri para menteri sains, inovasi, perdagangan dan industri pekan lalu di Brussels.

Langkah ini berarti publikasi hasil penelitian yang didanai publik dan publik-swasta harus tersedia secara bebas dan dapat diakes siapa saja mengubah skema model berlangganan berbayar yang selama ini diterapkan banyak jurnal ilmiah.

Saat ini hasil penelitian yang didanai publik tidak dapat diakses orang di luar universitas dan lembaga-lembaga sejenis tanpa pembayaran yang berarti banyak guru, dokter, pengusaha dan lain-lain tidak memiliki akses temuan ilmiah terbaru.


Lembaga donor umumnya mengharuskan peneliti mempublikasikan akses terbuka dengan biaya penerbitan ditanggung hibah peneliti. Dewan mengatakan kebijakan dapat dikecualikan jika ada alasan yang cukup seperti hak kekayaan intelektual atau keamanan dan privasi.

Perubahan terbaru adalah bagian dari set kebijakan lebih luas dari rekomendasi dalam mendukung Open Science yaitu sebuah konsep yang juga termasuk penyimpanan dan akses data penelitian. Open Science telah banyak melobi pemerintah.

"Kita mungkin tidak menyadari hal itu, tapi apa yang telah dicapai unik dan besar. Komisi ini benar-benar berkomitmen untuk membantu bergerak maju," kata Carlos Moedas, European Union’s science chief dalam sebuah pernyataan.

Penelitian dan inovasi menghasilkan pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan serta memberikan solusi terhadap tantangan sosial. Eropa harus semenarik mungkin bagi para peneliti dan perusahaan untuk berinvestasi.

Dewan memberikan beberapa rincian bagaimana setiap negara dapat melakukan transisi penuh mnjadi OA dalam waktu kurang dari 4 tahun meskipun target dianggap tidak realistis. Belanda sebagai pelopor OA di Eropa sampai saat ini memiliki target tahun 2024.

Komentar

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…