Friday, August 19, 2016

Kimiawan Berharap Segera Memiliki Repositori Server Preprint ChemRxiv

Tutorial Penelitian ~ Kimiawan mendapatkan server preprint mereka sendiri. Masyarakat ilmiah terbesar di dunia berencana memperkenalkan ChemRxiv untuk disiplin tradisional kimia.

Ahli kimia bisa segera mendapatkan sendiri dedicated server preprint. American Chemical Society (ACS) yaitu masyarakat ilmiah terbesar di dunia 10 Agustus lalu mengumumkan rencana membangun situs ChemRxiv yang membantu kimiawan berbagi hasil awal dan data secara online menjelang publikasi resmi.

Repositori baru mengikuti jejak kaki sukses preprint server arXiv yang didirikan 25 tahun ini dan digunakan secara luas oleh para fisikawan, ilmuwan komputer dan matematika, sementara bioRxiv untuk biologi yang diluncurkan 3 tahun lalu.

ChemRxiv adalah adalah salah satu dorongan bagi disiplin lain pada tahun 2016 dengan peluncuran SocArXiv untuk ilmu-ilmu sosial dan engrXiv untuk ilmu rekayasa dan PsyArXiv bagi dunia psikologi yang dikabarkan berada dalam proses perjalanan.

"Saya sangat, sangat senang," kata Alan Aspuru-Guzik, kimiawan kuantum Harvard University di Cambridge, Massachusetts.

ACS mengundang pihak-pihak lain yang tertarik berpartisipasi dalam membentuk sistem pelayanan menjelang peluncuran masa depan pada tanggal yang belum ditentukan. Hal ini dapat mencakup penerbit lain dan donatur yang mungkin bersedia membayar beberapa biaya yang dibutuhkan.

Kimiawan Berharap Segera Memiliki Repositori Server Preprint ChemRxiv

"Kami benar-benar terkesan selama beberapa tahun terakhir dengan jumlah perkembangan di bidang server preprint. Paling terasa cepat pertumbuhan adalah bioRxiv dan semakin populernya arXiv di sisi fisika," kata Kevin Davies, wakil Presiden Divisi Publikasi ACS.

Kimiawan secara historis enggan berbagi versi awal naskah secara terbuka sebelum peer review. The Journal of American Chemical Society (JACS), misalnya, menetapkan aturan "karya asli yang belum pernah dipublikasikan". Jurnal berpengaruh lain yaitu Angewandte Chemie yang diterbitkan Wiley-VCH secara eksplisit melarang penerbitan di preprint.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment