Skip to main content

Breakthrough Listen Melaporkan 11 Sinyal Signifikan Peradaban Alien

Tutorial Penelitian ~ Breakthrough Listen adalah terobosan untuk mendengarkan sinyal peradaban sebagai upaya mencari kehidupan cerdas di luar bumi telah melaporkan hasil pertama. Program penelitian terbesar yang bertujuan menemukan kehidupan alien merilis sebelas peristiwa yang menduduki peringkat tertinggi untuk ditindaklanjuti.

Tutorial Penelitian Breakthrough Listen Melaporkan 11 Sinyal Signifikan Peradaban Alien

Proyek Breakthrough Initiatives diluncurkan pada tahun 2015 menggunakan Green Bank Telescope 100 meter di West Virginia, teleskop optik Automated Planet Finder 2,4 meter di Lick Observatory, Parkes Telescope 64 meter di Australia, dan rencana ke depan untuk menggabungkan teleskop besar lainnya di seluruh dunia telah memperoleh beberapa petabyte data.

Sebuah pencarian senilai $100 juta adalah awal dari Breakthrough Listen yang di sokong oleh miliarder Yuri Milner dan sekelompok ilmuwan termasuk Stephen Hawking. Proyek ambisius bertujuan untuk mencari peradaban di 1 juta bintang yang paling dekat dengan matahari dan 100 galaksi yang paling dekat dengan Bima Sakti.

Program juga mencakup Breakthrough Starshot yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem yang dapat mengirim nanopilm berlayar kecil yang berlayar ke sistem bintang lain dengan kecepatan 20 persen kecepatan cahaya dengan menggunakan tenaga laser yang kuat.

Para ilmuwan merancang dan membangun sebuah jalur analisis yang memindai melalui miliaran saluran radio untuk mencari sinyal unik dari peradaban di luar bumi. Dasar-dasar mencari tanda tangan teknologi di luar bumi menggunakan metode sederhana.

Sinyal dari proses buatan dan alami berbeda fitur seperti ketebalan bandwidth, perilaku spektral tidak teratur, denyut atau modulasi, dan karakteristik lain yang tidak biasa. Algoritma dirancang untuk memastikan bahwa sinyal berasal dari titik tetap yang relatif terhadap bintang atau target lainnya yang diamati, dan bukan dari interferer lokal.

"Kami dapat mengidentifikasi kemungkinan karena gangguan frekuensi radio," kata Andrew Siemion, astrofisikawan dan Direktur Berkeley SETI Research Center, pada sebuah presentasi di Breakthrough Discuss conference.



"Hasil ilmiah pertama dari Breakthrough Listen sekarang tersedia bagi dunia untuk ditinjau. Pencarian belum mendeteksi sinyal meyakinkan untuk eksistensi intelijen luar angkasa, ini adalah hari-hari awal," kata Andrew Siemion.

Para ilmuwan memeriksa data dari 692 bintang yang terdiri dari tiga pengamatan dalam 5 menit per bintang, diselingi dengan pengamatan 5 menit dari satu set target sekunder. Sampel bintang ditentukan oleh dua kriteria seleksi adalah bintang dalam 16 tahun cahaya dari Matahari dan bintang 163 tahun cahaya.

"Sampel bintang yang kita sebut tipe spektral, kami ingin melihat sebanyak mungkin jenis bintang yang berbeda, kita harus terbuka terhadap segala kemungkinan bahwa kehidupan bisa muncul di antara satu bintang ini," kata Siemion.

Pengamatan menargetkan sekelompok frekuensi disebut “lubang air" atau bagian tenang dari spektrum radio yang diterjemahkan sebagai jalur yang bagus komunikasi antar bintang. Lubang air terletak di antara pita emisi molekul hidroksil dan hidrogen.

"Hasil ini merupakan tes paling komprehensif dan mendasar dari hipotesis lubang air yang pernah dilakukan untuk bintang terdekat," kata Siemion. "Ini adalah ide klasik dalam mencari kecerdasan makhluk luar angkasa yang pernah ada selama lebih dari empat dekade."

Sebelas kejadian di atas ambang batas memiliki kepentingan signifikan yang memelukan analisis terperinci lebih lanjut dan memastikan berasal dari sumber luar angkasa buatan. Sinyal yang tidak biasa dari sebelas target sebagai berikut:

1. HIP 17147 (HD 22879), bintang tipe F yang berjarak sekitar 83 tahun cahaya.

2. HIP 4436 (Mu Andromedae atau HD 5448), bintang tipe A yang berjarak sekitar 130 tahun cahaya dari Bumi. Memiliki massa dua kali Matahari, 2,4 kali radius Matahari, dan berusia sekitar 600 juta tahun.

3. HIP 66704 (HD 119124), bintang tipe F.

4. HIP 99427, bintang variabel.

5. HIP 39826 (BD+21 1764), sistem bintang biner atau ganda.

6. HIP 20901 (79 Tau atau b Tau atau HD 28355), bintang tipe A yang berjarak 160 tahun cahaya dari Bumi. Anggota cluster bintang Hyades.

7. HIP 82860 (19 Dra atau h Dra atau HD 153597), bintang biner di rasi Draco.

8. HIP 74981 (BD+29 2654), bintang tipe K.

9. HIP 65352 (HD 116442), bintang tipe G.

10. HIP 45493 (18 Uma atau e UMa atau HD 79439), bintang variabel tipe Delta Scuti sekitar 160 tahun cahaya dari Bumi.

11. HIP 7981 (107 Psc atau HD 10476), bintang deret utama tipe K sekitar 24 tahun cahaya dari Bumi, berusia sekitar 6 miliar tahun, memiliki 83% massa dan 80% jari-jari Matahari.

Comments

Popular

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Jenis dan Tipe Desain Penelitian