Skip to main content

BioRxiv Dapat Pendanaan Utama dari Chan Zuckerberg Initiative

Tutorial Penelitian ~ Server preprint bioRxiv mendapat dana dari Chan Zuckerberg Initiative (CZI), arsip online gratis naskah biologi mendapat pendanaan utama untuk memperluas server pracetak dan memiliki lebih banyak software melalui kolaborasi dengan Cold Spring Harbor Laboratory (CSHL) di New York.

Tutorial Penelitian BioRxiv Dapat Pendanaan Utama dari Chan Zuckerberg Initiative

Mark Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, mengangkat server biologi. Hibah untuk bioRxiv adalah bagian dari inisiatif sains 10 tahun Chan Zuckerberg Initiative senilai US$10 juta yang diluncurkan 7 bulan lalu Chan untuk mengobati dan mencegah penyakit.

Preprint adalah manuskrip ilmiah pra peer-review dan dipublikasikan untuk memudahkan ulasan dari publik. Perluasan akses dapat secara dramatis mempercepat laju penemuan dan pada gilirannya pemahaman kita tentang kesehatan dan penyakit.

Tidak seperti para ilmuwan fisika, matematika dan komputer yang telah memposting pracetak di situs arXiv selama 25 tahun terakhir, para biolog menjalani proses lamban untuk membagikan makalah mereka sebelum dikirim ke penerbit jurnal.

Tapi munculnya momentum sejak bioRxiv diluncurkan 3 tahun lalu oleh John Inglis dari CSHL, server preprint biologi BioRxiv tumbuh paling cepat dengan jumlah upload 800 makalah setiap bulan menjadi sekitar 10.000 makalah setiap bulan sampai hari ini.

BioRxiv memiliki 5 staf paruh waktu yang didanai dari CSHL dan donor lainnya. Suntikan dana dari CZI memungkinkan CSHL mempekerjakan 2 atau 3 staf penuh waktu. Meskipun CZI tidak mengungkap besarnya dana, sebagai perbandingan, arXiv memiliki biaya operasional tahunan US$1,3 juta untuk sekitar 9.000 preprint setiap bulan.

Selain uang, insinyur CZI akan membantu pengembangan software open-source dan perangkat tambahan lainnya. BioRxiv ingin mengubah teks lengkap dari makalah yang sekarang diposkan sebagai PDF ke format yang dapat dibaca mesin seperti HTML sehingga mudah dibaca dan dicari.

Tujuan perluasan bioRxiv yang didanai oleh CZI tampaknya tumpang tindih dengan rencana oleh ASAPbio, sebuah lembaga nirlaba di Cambridge, Massachusetts. ASAPbio menetapkan tenggat waktu 30 April untuk mengajukan tawaran membangun sebuah layanan yang menggabungkan draf dari bioRxiv dan server lainnya.

Beberapa ilmuwan telah mempertanyakan mengapa kelompok ASAPbio tidak bekerja untuk memperluas bioRxiv. Namun Inglis mencatat bahwa "ada pendapat berbeda dalam masyarakat" tentang apakah bioRxiv harus menjadi server preprint komunitas biologi.

Comments