Skip to main content

Cassini Kirim Data Pertama Misi Grand Finale di Atas Saturnus

Tutorial Penelitian ~ Wahana Cassini mengirim gambar pertama misi 'Grand Finale' berselancar di atas atmosfer planet Saturnus. NASA mendownload video pertama kali dari serangkaian tugas pamungkas yang dilakukan wahana untuk mengeksplorasi Saturnus sebelum menjeburkan diri ke permukaan planet gas raksasa.

Laporan Penelitian Cassini Kirim Data Pertama misi Grand Finale di atas Saturnus

Urutan film baru dari gambar Cassini menunjukkan view saat pengorbit menukik untuk pertama kali di permukaan raksasa gas dan cincin pada tanggal 26 April 2017. Gambar tersebut ditangkap dalam gelombang cahaya tampak menggunakan kamera sudut lebar Cassini.

"Gambar dari celah pertama sangat bagus, tapi kami sangat konservatif dengan prosedur kamera," kata Andrew Ingersoll, anggota tim pencitraan Cassini dan planetolog California Institute of Technology.

"Kami berencana melakukan update pengamatan untuk kesempatan serupa pada tanggal 28 Juni yang kami rasa akan menghasilkan pandangan lebih baik," kata Ingersoll.



Video tersebut terdiri dari pengamatan selama satu jam saat Cassini bergerak ke selatan Saturnus. Gerakan dimulai dari bidikan kamera ke pusaran yang berputar-putar di kutub utara planet, lalu melewati batas luar aliran jet berbentuk segi enam dan seterusnya.

"Begitu banyak tepi tajam di sepanjang batas luar heksagon dan dinding pusaran kutub. Harus ada garis lintang yang berbeda untuk patokan tepinya," kata Kunio Sayanagi, anggota tim pencitraan Cassini dan planetolog Hampton University.

Bingkai kamera berputar menjelang akhir film karena Cassini harus melakukan reorientasi untuk mengarahkan antena lebar setinggi 4 meter berbentuk piring ke arah gerak pesawat ruang angkasa. Antena digunakan sebagai perisai pelindung selama flyby di cincin Saturnus.

Cassini mengupload data saat turun ke awan dari 45.000 mil (42.400 km) sampai 4.200 mil (6.700 km) sehingga fitur terkecil di atmosfer dapat dipecah dan berubah dari 5,4 mil (8,7 km) per piksel menjadi 0,5 mil (810 km) per piksel.

Versi aslinya dari gambar-gambar yang dikirim oleh Cassini memiliki ukuran 512 x 512 piksel. Ukuran gambar kecil dipilih agar kamera mengambil gambar dengan cepat saat mengorbit melewati Saturnus.

Gambar-gambar yang menunjukkan permukaan melengkung Saturnus telah diproyeksikan ke bidang datar agar bisa dirakit menjadi rangkaian film kontinyu. Setiap gambar dipetakan dalam proyeksi polarisasi stereografik yang terpusat pada kamera.

Comments