Skip to main content

Kedudukan Sistem Peer Review Dalam Karir Ilmuwan

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Laporan Penelitian - Peer review adalah wasit yang menjadi landasan ilmu pengetahuan, proses dimana kualitas penelitian dinilai sebelum didanai atau diterbitkan.

Seorang ilmuwan mengirimkan karyanya kepada para ahli lain di lapangan. Fisikawan yang mempelajari mekanika kuantum menyampaikan penelitian kepada rekan-rekan ilmuwan lainnya yang memiliki pengetahuan cukup tentang fisika kuantum.

Proses review adalah pekerjaan mengulas, mengomentari, signifikansi dan orisinalitas penelitian. Reviewer bukan aktor utama apakah penelitian harus didanai atau diterbitkan, tapi komentar mereka menjadi pijakan para pengambil keputusan.

Ada dua jenis peer-review yang umum dilakukan dalam dunia ilmiah yaitu:
  1. Jenis Peer Review Pendanaan
    Sistem ini terjadi pada awal sebuah proyek penelitian ketika ilmuwan mengajukan proposal penelitian untuk dana sponsor penelitian. Pembuat keputusan adalah badan pendanaan yang memutuskan pemberian hibah penelitian didasarkan pada ulasan yang diberikan oleh wasit.
  2. Jenis Peer Review Penerbitan Jurnal
    Sistem ini terjadi setelah penelitian untuk kelayakan terbit di jurnal. Di akhir proyek penelitian maka ilmuwan melaporkan hasil penelitian. Semua editor jurnal mengambil keputusan untuk menerbitkan atau tidak bergantung pada ulasan peer-reviewer.
Kedua jenis jenis peer review secara formil berbeda, tetapi memiliki implikasi yang sama dan keterkaitan terhadap eksistensi seorang ilmuwan. Keduanya adalah pertaruhan karir. Kata kunci di sini adalah karir cemerlang atau binasa.

Publikasi di jurnal meningkatkan visibilitas seorang ilmuwan dan reputasi dihadapan lembaga sponsor pada gilirannya mengalir dolar pendanaan proyek. Jika seorang ilmuwan gagal mempublikasikan secara teratur, ia kehilangan garis hidup.

Comments