Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Populasi dan sampel adalah bagian metodologi statistika yang berhubungan dengan generalisasi hasil penelitian. Cara-cara pengambilan sampel ini disebut dengan teknik sampling.

Dengan demikian teknik sampling adalah teknik atau metode untuk memilih dan mengambil unsur-unsur atau anggota-anggota dari populasi untuk digunakan sebagai sampel secara representatif.

Teknik sampling banyak menggunakan teori probabilitas sehingga berdasarkan tekniknya dikategorikan menjadi dua disebut probability sampling dan non-probability sampling.

PROBABILITY SAMPLING

Probability sampling adalah teknik sampling dimana setiap anggota populasi memiliki peluang sama dipilih menjadi sampel. Dengan kata lain, semua anggota tunggal dari populasi memiliki peluang tidak nol.

Teknik ini melibatkan pengambilan acak (dikocok) dari suatu populasi. Ada bermacam-macam metode probability sampling dengan turunan dan variasi masing-masing, namun paling populer sebagai berikut:
  1. Sampling Acak Sederhana (Simple Random Sampling)

    Random sampling adalah metode paling dekat dengan definisi probability sampling. Pengambilan sampel dari populiasi secara acak berdasarkan frekuensi probabilitas semua anggota populasi.

  2. Sampling Acak Sistematis (Systematic Random Sampling)

    Pengambilan sampel melibatkan aturan populasi dalam urutan sistematika tertentu. Probabilitas pengambilan sampel tidak sama terlepas dari kesamaan frekuensi setiap anggota populasi.

  3. Sampling Stratifikasi (Stratified Sampling)

    Populasi dibagi ke dalam kelompok strata dan kemudian mengambil sampel dari tiap kelompok tergantung kriteria yang ditetapkan. Misalnya, populasi dibagi ke dalam anak-anak dan orang tua kemudian memilih masing-masing wakil dari keduanya.

  4. Sampling Rumpun (Cluster Sampling)

    Populasi dibagi ke dalam kelompok kewilayahan kemudian memilih wakil tiap-tiap kelompok. Misalnya, populasi adalah Jawa Tengah kemudian sampel diambil dari tiap-tiap kabupaten. Bisa juga batas-batas gunung, pulau dan sebagainya.

  5. Sampling Bertahap (Multistage Sampling)

    Pengambilan sampel menggunakan lebih dari satu teknik probability sampling. Misalnya, menggunakan metode stratified sampling pada tahap pertama kemudian metode simple random sampling di tahap kedua dan seterusnya sampai mencapai sampel yang diinginkan.

  6. Probabilitas Proporsional Ukuran Sampling (Probability Proportional to Size Sampling)

    Probabilitas pengambilan sampel sebanding dengan ukuran sampling bahwa sampel dipilih secara proporsional dengan ukuran total populasi. Ini adalah bentuk multistage sampling di tahap pertama dan kemudian random sampling di tahap kedua, tapi jumlah sampel sebanding dengan ukuran populasi.

NON-PROBABILITY SAMPLING

Teknik non-probability sampling bahwa setiap anggota populasi memiliki peluang nol. Artinya, pengambilan sampel didasarkan kriteria tertentu seperti judgment, status, kuantitas, kesukarelaan dan sebagainya.

Ada bermacam-macam metode non-probability sampling dengan turunan dan variasinya, tapi paling populer sebagai berikut:
  1. Sampling Kuota (Quota Sampling)

    Mirip stratified sampling yaitu berdasarkan proporsi ciri-ciri tertentu untuk menghindari bias. Misalnya, jumlah sampel laki-laki 50 orang maka sampel perempuan juga 50 orang.

  2. Sampling Kebetulan (Accidental Sampling)

    Pengambilan sampel didasarkan pada kenyataan bahwa mereka kebetulan muncul. Misalnya, populasi adalah setiap pegguna jalan tol, maka peneliti mengambil sampel dari orang-orang yang kebetulan melintas di jalan tersebut pada waktu pengamatan.

  3. Sampling Purposive (Purposive or Judgemental Sampling)

    Pengambilan sampel berdasarkan seleksi khusus. Peneliti membuat kriteria tertentu siapa yang dijadikan sebagai informan. Misalnya, Anda meneliti kriminalitas di Kota Semarang, maka Anda mengambil informan yaitu Kapolresta Semarang, seorang pelaku kriminal dan seorang korban kriminal.

  4. Sampling Sukarela (Voluntary Sampling)

    Pengambilan sampel berdasarkan kerelaan untuk berpartisipasi dalam penelitian. Metode ini paling umum digunakan dalam jajak pendapat.

  5. Sampling Snowball (Snowball Sampling)

    Pengambilan sampel berdasarkan penelusuran sampel sebelumnya. Misalnya, penelitian tentang korupsi bahwa sumber informan pertama mengarah kepada informan kedua lalu informan ke tiga dan seterusnya.

Comments

  1. contoh nya gan??

    ReplyDelete
  2. tolong jelasin yg ppsnya donk aku belum begitu ngerti

    ReplyDelete
  3. Tolong donk contohnya. Skripsi saya disuruh pake tekhnik ini.

    ReplyDelete
  4. Sabaro min, sabaro. Ngene iki arek2 males ndelok buku.

    ReplyDelete
  5. Gan, trimaksih atas informasinya sangat membantu.. tapi yg ingin saya tanyakan apakah didalam teknik accidental sampel bisakah diletakan kriteria atau tidak

    ReplyDelete
  6. Spot on with this write-up,Ӏ absolutely beⅼieve this site needѕ a lot molre
    attention. I'll probably be back agaіn tto see morе, thаnks for the info!

    ReplyDelete
  7. We're a gaggle of volunteers and startinbg a
    brand new scheme in oour community. Your website provided us with
    useful info to work on. You've done an impressive process and our whole neighborhood will probably be thakful to you.

    ReplyDelete
  8. Greate article. Keеⲣ posting ѕuch kind of info оn your blog.
    Im rеally impressed Ьy үou blog.
    Нell᧐ there, You've ɗone an incredible job. I will ԁefinitely digg it and individually ѕuggest to my friends.

    І ɑm confident tһey'll be benefited frօm thks
    website.

    ReplyDelete
  9. Hello to all, how is all, I think every one is getting more from this website, and your views are nice for new viewers.

    ReplyDelete
  10. all the time i used to read smaller articles or reviews that as wedll clear their motive, and
    that is also happening with this article which
    I am reading at this place.

    ReplyDelete
  11. I’m not that much of a online reader to be honest but your blogs really
    nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your website to come back in the future.
    All the best

    ReplyDelete
  12. This is a topic that iis near to my heart... Cheers!
    Where are your contact details though?

    ReplyDelete

Post a Comment