Skip to main content

Cara Input Catatan Kaki di Dokumen Microsoft Word

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Penelitian - Catatan kaki atau footnote menjadi prosedur standar dalam penulisan sumber rujukan teks penulisan studi hukum, administrasi publik dan studi-studi lain.

Microsoft Word memiliki fitur sangat mudah untuk melakukan input catatan kaki atau footnote tersebut. Sangat mudah dan secara teknis sangat simpel. Tinggal klik dan klik lalu selesai.

Meskipun begitu banyak pula pertanyaan yaitu bagaimana caranya membuat catatan kaki? Mungkin mereka adalah mahasiswa baru atau mahasiswa yang tidak menempuh pendidikan di fakultas hukum.

Mengenai apa, bagaimana dan fungsi catatan kaki dapat disimak dalam tutorial di sini:

Supaya tidak panjang lebar langsung saja disimak langkah-langkah teknis cara input catatan kaki dalam dokumen Microsoft Word sebagai berikut:

1. Langkah Pertama
Letakkan kursor text pada paragraf yang merujuk sumber, misalnya di akhir paragraf (setelah kata bahwa) seperti gambar di bawah ini:


2. Langkah Kedua
Letakkan kursor mouse ke fitur References lalu Insert Footnote dan klik seperti gambar di bawah ini:


3 Langkah Ketiga
Pada langkah ketiga Anda sudah mendapatkan angka 1 pada paragraf (setelah kata bahwa) dan angka 1 di bagian bawah text pada halaman tersebut. Sekarang Anda dapat input narasi atau sumber setelah angka 1 di bagian bawah text.


Microsoft Word secara otomatis menghitung nomor catatan kaki. Anda dapat menggunakan skema penomoran tunggal seluruh dokumen atau skema penomoran yang berbeda dalam setiap bagian dalam sebuah dokumen. Selamat menulis!

Comments