Skip to main content

Tutorial Olah Data Statistik SPSS

Tutorial Penelitian ~ Ilmu pengetahuan dibangun dari hasil penelitian dan pondasi penelitian adalah data. Di sinilah kedudukan analisis dan pengujian data sangat penting.

Analisis dan pengujian data statistik merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam penelitian kuantitatif seperti uji hipotesis, uji validitas dan reliabilitas, uji kelayakan data dan sebagainya.

Ada banyak software olah data di pasaran yang sering digunakan seperti SPSS, AMOS, LISREL, SmartPLS dan lain-lain. Namun dari semua itu, SPSS paling umum digunakan para peneliti dan mahasiswa.

SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) dibuat SPSS Inc dan pertama kali dipasarkan tahun 1968 yang bertitel SPSS 1.0 dan selalu diperbaharui hingga versi SPSS 19.0. Pada tahun 2010 SPSS Inc dibeli IBM Corporation.


Pastikan Anda memiliki perangkat lunaknya! Dapatkan software original IBM SPSS Statistics dengan lisensi 1 tahun untuk 2 komputer Windows atau Mac gratis di link ini

Semenjak di bawah manajemen IBM Corporation nama software diubah menjadi IBM SPSS Statistics, meskipun banyak orang menyebutnya sebagai versi SPSS 20.0 atau kelanjutan dari SPSS 19.0.

Tutorial Olah Data Statistik SPSS Tu.LaporanPenelitian.com

SPSS bekerja pada sistem operasi Windows, zLinux, Linux/UNIX dan Mac. IBM SPSS Statistics terbaru memiliki tiga bundle yaitu Standard, Premium dan Professional yang masing-masing dijual terpisah.

Terlalu panjang tutorial SPSS dalam sekali postingan sehingga diagendakan menjadi berseri yang membahas tentang langkah-langkah pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistics.

Tutorial direncanakan dari dasar-dasar yaitu input data hingga analisis univariat, bivariat, multivariat dan uji asumsi-asumsi. Serial Tutorial Olah Data SPSS ini mungkin akan diselingi tutorial-tutorial dengan tema-tema yang lain.

Jadi sangat penting untuk terus mengikuti setiap update rutin di tutorial olah data mengenai seluk-beluk dan tips-tips melakukan olah data penelitian. Berikut daftar isi tutorial SPSS:

Input Data

Uji Kualitas Data

Uji Korelasi

Uji Beda

Saran Bacaan

Landau, Sabine and Everitt, Brian S. (2003). A Handbook of Statistical Analyses using SPSS. London: Chapman & Hall/CRC Press LLC.

IBM Corporation (2011). IBM SPSS Statistics 20 Brief Guide

Comments

Post a Comment

Popular

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Jenis dan Tipe Desain Penelitian

Tutorial Penelitian - Sebuah desain penelitian adalah rencana sistematis sebagai kerangka yang dibuat untuk mencari jawaban atas pertanyaan penelitian.