Skip to main content

One Way ANOVA SPSS

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Penelitian ~ One-way ANOVA (analysis of variance) atau ANOVA satu arah adalah uji statistik parametrik untuk menentukan apakah ada perbedaan 3 atau lebih sampel dalam 1 kelompok kategori.

One-way ANOVA bertujuan untuk membandingkan perbedaan mean (rata-rata) antar sampel dalam sebuah sebuah kelompok populasi kategori. Uji ini harus memenuhi syarat homogeneity yaitu sampel harus memiliki varian yang sama (identik).

Kasus:
  • Peneliti ingin mengetahui khasiat 3 sampel obat merek A, B dan C dihitung dari lama kesembuhan.
    • Merek obat (skala nominal):
      • Obat A = 1
      • Obat B = 2
      • Obat C = 3
    • Waktu kesembuhan adalah jam (skala rasio)
  • N = 30 dimana masing-masing merek terdiri dari 10 subjek.
Dengan demikian terdapat 3 kelompok sampel yaitu Obat A, Obat B dan Obat C. Peneliti ingin mengetahui sebagai berikut:
  1. Apakah varian populasi identik (uji asumsi dengan homogeneity)?
  2. Apakah ada perbedaan dampak dari ketiga obat tersebut (ANOVA)?
  3. Mana saja obat yang berbeda dan tidak berbeda (Post Hoc Test)?

INPUT DATA

Gambar 1
Input data ke spreadsheets Microsoft Excel kemudian copy dan paste ke spreadsheets Data View SPSS dilanjutkan dengan input parameter deskripsi ke spreadsheets Data Variable SPSS.

Gambar 1 (klik gambar untuk perbesar) adalah potongan penampakan spreadsheets Data View SPSS. Dengan demikian kita memliki 2 kolom yaitu Merek Obat dan Waktu. Pada tahap ini input data sudah selesai. Lanjut langkah perintah uji.


LANGKAH-LANGKAH
  1. Klik Analyze - Compare Means - One-Way ANOVA...
  2. Pindahkan Waktu ke Dependent, disusul masukkan Merek ke Factor.
  3. Klik Post Hock. Pilih Bonferroni dan Tukey. Klik Continue.
  4. Klik Option. Pilih Descriptive dan Homogeneity of Variance Test. Klik Continue.
  5. Klik OK
Gambar 2
Gambar 2 (klik gambar untuk perbesar) adalah menu pop-up pada saat Anda melakukan langkah-langkah ke-2, 3 dan 4 yaitu memilih data variabel faktor dan variabel efek yang akan dianalisis.

Pada tahap ini langkah uji One-Way ANOVA sudah selesai dan kita sudah memiliki output. Langkah selanjutnya adalah mengambil keputusan berdasarkan hasil output tersebut.


PENGAMBILAN KEPUTUSAN
[Download Output Pdf 34 KB]

Klik link di atas untuk download output. Di dalam output tersebut berisi pengujian One-Way ANOVA berdasarkan data yang dimilki dan di bawah ini interpresatsi dan pengambilan keputusan satu per satu:

Test of Homogeneity of Variances (Uji Asumsi)

Analisis ini bertujuan untuk menguji terpenuhi atau tidaknya asumsi ANOVA bahwa ketiga sampel harus memiliki varian yang identik (sama) menggunakan Levene test.

Lihat pada kotak taraf signifikansi hitung sebesar 0,840 maka Ho diterima dan disimpulkan populasi memiliki varian identik atau tidak berbeda. Dengan demikian diputuskan data memenuhi asumsi ANOVA.

ANOVA

ANOVA menguji apakah ketiga sampel memiliki mean berbeda secara signifikan. Nilai F sebesar 9,905 dengan signifikasi 0,01 maka Ho ditolak dan diputuskan ada perbedaan lama kesembuhan oleh penggunaan Obat A, B dan C.

Post Hoc Test

Post Hoc untuk mengetahui merek mana saja yang berbeda dan mana yang sama. Tes ini menggunakan Tukey, sedangkan Bonferroni digunakan untuk memverifikasi. Berikut satu per satu:
  1. Merek Obat A dan Merek Obat B
    Signifikasi 0,000 atau di bawah 0,05 maka Ho ditolak dan diputuskan kedua obat berbeda dan terbukti signifikan.
  2. Merek Obat A dan Obat C
    Signifikasi 0,283 atau di atas 0,05 maka Ho diterima dan diputuskan kedua obat tidak berbeda.
  3. Merek Obat B dan Obat C
    Signifikasi 0,023 atau di bawah 0,05 maka Ho ditolak dan diputuskan kedua obat berbeda dan terbukti signifikan.
Hasil uji Tukey tidak jauh berbeda dengan hasil uji Bonferroni sehingga keputusan tersebut lebih meyakinkan dan lebih kuat karena data tersebut telah terverifikasi.

Sekian dulu tutorial olah data SPSS. Analisis-analisis yang lain dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial olah data statistik SPSS. Selamat Meneliti!

Comments