Skip to main content

Desain Penelitian Medis : Historical Cohort Studies

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Penelitian ~ Desain penelitian medis historical cohort studies adalah penelitian tidak lanjut dari kohort prospektif yaitu menggunakan informasi yang dikumpulkan dari penelitian di masa lalu.

Banyak penelitian menggunakan desain cohort studies yang mengelompokkan sampel dalam kesamaan sebagai bagian dari kelompok terapi yang menyertakan kelompok kontrol.

Di kemudian hari penelitian lain menggunakan catatan dan data dari penelitian tersebut sebagai materi penelitian. Beberapa peneliti menyebut jenis penelitian ini dengan studi kohort historis atau studi kohort retrospektif.

Sebagai contoh penelitian Shipley dan rekan (1999) yang mengevaluasi tingkat kekambuhan 4 tahun kemudian pada pria dengan kanker prostat yang ditangani dengan jenis terapi radiasi tertentu.

Shipley menggunakan catatan yang ada untuk melihat kelangsungan hidup dan kekambuhan tumor pada 1607 pria yang diobati antara tahun 1988 hingga 1995 dan telah memiliki setidaknya 4 pengukuran antigen spesifik prostat pasca radiasi.


Pendekatan kohort historis merupakan sebuah penelitian yang mungkin dilakukan jika tersedia catatan rinci di masa lalu serta tindak lanjut lengkap dan memadai untuk memastikan status pasien.

Sekian dulu tutorial kali ini. Anda dapat terus memantau bahasan penelitian medis lainnya di jenis-jenis desain penelitian medis. Jangan lewatkan sedikit pun. Selamat meneliti!

Saran Bacaan :

Shipley WU, Thames HD, Sandler HM, Hanks GE, Zietman AL, Perez CA, et al (1999). Radiation Therapy for Clinically Localized Prostate Cancer: A Multi-institutional Pooled Analysis. JAMA, 281:1598-1604, DOI:10.1001/jama.281.17.1598

Comments