Skip to main content

Di AS, Eksperimen Error Memakan Biaya US$28 Miliar Per Tahun

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Penelitian ~ Biaya penelitian biologi yang gagal memakan biaya US$28 miliar per tahun, sebuah studi menghitung besaran biaya penelitian biomedis cacat di Amerika Serikat.

Luar biasa nilai akibat error penelitian pra-klinis! Para ilmuwan di Amerika Serikat menghabiskan uang US$28 miliar setiap tahun akibat penelitian biomedis dasar yang gagal.

Leonard Freedman, kepala non-profit Global Biological Standards Institute di Washington, D.C, dan rekan melaporkan temuan di PLoS Biology sebuah nilai akibat yang ditanggung dari eksperimen biologi yang buruk.

Freedman mendefinisikan irreproducibility sebagai error dimana sebuah temuan eksperimental tidak bisa direplikasi berdasarkan 4 faktor yaitu desain penelitian, protokol laboratorium, materi biologi dan analisis.

Secara keseluruhan, Freedman menemukan sebesar 36% disebabkan material buruk, 28% oleh desain penelitian dan 26% oleh analisis data. Jika dikombinasikan maka potensi kerugian ekonomi US$10 miliar hingga US$50 milyar per tahun.

Kekhawatiran reproduktifitas penelitian biomedis meningkat selama dekade terakhir sebagian besar akibat bias jurnal ilmiah yang cenderung melaporkan temuan positif.

Akibat tersebut paling dirasakan para peneliti di perusahaan farmasi yang menunjukkan angka 75% temuan yang dilaporkan di jurnal peer-review gagal direplikasi.

Beberapa lembaga telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah. Pada bulan November lalu US National Institutes of Health mendesak penerbit jurnal untuk memperketat pedoman penerbitan.

Freedman berharap laporan tersebut membantu untuk meyakinkan para ilmuwan bahwa tindakan-tindakan kecil di laboratorium seperti protokol dan penggunaan reagen bersertifikat bisa mengurangi kerugian.

Saran Bacaan :

Leonard P. Freedman et al. (2015). The Economics of Reproducibility in Preclinical Research. PLoS Biology 13(6): e1002165, DOI:10.1371/journal.pbio.1002165

Comments