Skip to main content

Comet Lander Philae Kirim Ping Ke Markas ESA

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Penelitian ~ Comet lander Philae telepon rumah, Robot pendarat seberat 100 kilogram kirim ping via orbiter Rosetta ke markas European Space Agency (ESA) pada 13 Juni 8:28 p.m. GMT.

Probe mengirim transmisi 85 detik yang memungkinkan para ilmuwan misi di Eropa tahu bahwa lander siap untuk pergi bekerja dipermukaan komet 67P/Churyumov-Gerasimenko.

Sudah 7 bulan sejak robot kecil mendarat di komet, Philae menjalani hibernasi dan menyisakan para ilmuwan menunggu untuk antisipasi tanda-tanda mesin hidup. Mereka mendengarkan sinyal sejak Maret.

Data baru menunjukkan Philae telah terjaga. Sekarang tim peneliti menunggu kontak selanjutnya untuk mendownload data apa pun dari sana meskpiun butuh beberapa rincian lebih lanjut sampai beberapa hari terakhir.

Credit: DLR German Aerospace Center
"Philae melakukan dengan baik. Suhu operasi minus 31 derajat Fahrenheit dan daya tersedia 24 Watt," kata Stephan Ulamec, manajer misi di DLR Jerman Aerospace Center, dalam sebuah pernyataan.

Rosetta melepas Philae di permukaan yang kasar. Setelah memukul target, harpoon gagal dan probe terpental 2 kali sebelum mendarat dalam posisi miring di area gelap dan di bawah tebing terjal.

Credit: ESA, Rosetta, MPS for OSIRIS Team MPS, UPD, LAM, IAA, SSO, INTA, UPM, DASP, IDA
Tanpa sinar Matahari yang cukup untuk mengisi baterai, probe harus hibernasi panjang. Sejak itu tim ESA bekerja untuk mengumpulkan data di mana jejak terakhir Philae.

Dengan menggabungkan lintasan terakhir Philae dengan data dari Rosetta yang mengirim gelombang radio, para ilmuwan mempersempit situs pada lokal 16x160 meter di permukaan komet.

Comments