Skip to main content

Uji Beda Kruskal-Wallis H SPSS

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Penelitian ~ Uji beda Kruskal-Wallis H adalah uji statistik non parametrik untuk menguji adakah perbedaan mean lebih dari 2 kelompok sampel yang tidak berhubungan.

Mirip dengan One-Way ANOVA yaitu melibatkan mean lebih dari 2 kelompok sampel, tetapi Kruskal-Wallis H Test digunakan untuk data yang tidak berdistribusi normal.

Kasus:
  • Peneliti ingin mengetahui khasiat tiga obat merek A, B dan C dihitung dari lama kesembuhan.
    • Merek obat (skala nominal):
      • Obat A = 1
      • Obat B = 2
      • Obat C = 3
    • Waktu kesembuhan adalah jam (skala rasio)
  • N = 15 dimana masing-masing merek terdiri dari 5 subjek.

INPUT DATA

Gambar 1
Input data ke spreadsheets Microsoft Excel kemudian copy dan paste ke spreadsheets Data View SPSS dilanjutkan dengan input parameter deskripsi ke spreadsheets Data Variable SPSS.

Gambar 1 (klik untuk perbesar) adalah penampakan spreadsheets Data View SPSS. Dengan demikian kita memliki 2 kolom variabel. Pada tahap ini input data sudah selesai. Lanjut langkah perintah uji.


LANGKAH-LANGKAH
  1. Klik Analyze - Nonparametric Tests - Legacy Dialogs - K Independent Samples...
  2. Masukkan Waktu ke Test Variable List, Masukkan Obat ke Grouping Variable
  3. Klik Define Range, Minimum diisi 1 dan Maximum diisi 3, Klik Continue
  4. Klik Options, pilih Descriptive dan Quartiles. Klik Continue
  5. Pilih Kruskal-Wallis H
  6. Klik OK
Gambar 2
Gambar 2 (klik untuk perbesar) adalah menu pop-up pada saat Anda melakukan langkah ke-2, ke-3, ke-4, ke-5 dan ke-6 yaitu memilih variabel yang akan dianalisis dan kriterium.

Pada tahap ini langkah untuk Kruskal-Wallis H Test sudah selesai dan kita sudah memiliki output tersebut. Langkah selanjutnya adalah mengambil keputusan berdasarkan output tersebut.


PENGAMBILAN KEPUTUSAN
  • Jika Sig di atas 0,05 maka Ho diterima
  • Jika Sig di bawah 0,05 maka Ho ditolak
Gambar 3
Gambar 3 (klik untuk perbesar) adalah output hasil uji beda Kruskal-Wallis. Nilai Chi-Square sebesar 7,620 dengan Asymp Sig. pada 0,022 atau lebih kecil dari 0,05 sehingga diputuskan ada perbedaan khasiat ketiga obat tersebut.

Sekian dulu tutorial olah data SPSS. Analisis-analisis yang lain dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial olah data statistik SPSS. Selamat Meneliti!

Comments