Skip to main content

Manajemen Waktu Penelitian

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Penelitian ~ Salah satu bagian paling penting dari penelitian adalah mengisi waktu yang tersedia bahwa kesuksesan penelitian perlu ditopang pengaturan waktu secara efektif.

Manajemen waktu sangat mempengaruhi kualitas proyek penelitian. Tidak banyak waktu dalam penelitian sehingga ketrampilan menyusun rencana memiliki perbedaan jelas antara keberhasilan dan kegagalan.

Pada jarak 1 kilometer Anda melihat titik-titik kecil di sebuah danau besar, begitu jauh bahwa Anda hampir tidak melihat pasti. Tapi semakin lebih dekat Anda sadar bahwa di depan mata serombongan gajah besar.

Pengelolaan waktu yang baik sangat membatu untuk menghindari tekanan dalam memenuhi tenggat dan Anda dituntut terus-menerus berusaha untuk mengejar ketertinggalan.

Kesempatan emas hilang karena kecerobohan, oleh karena itu sangat penting merencanakan waktu di awal penelitian, bukan ketika semua telah jatuh tempo di belakang dan Anda mulai panik.

Harapan tidak realistis atau berusaha sempurna pasti akan gagal. Semua tugas dengan jadwal yang tidak realistis mengakibatkan Anda kehilangan kontrol proyek penelitian.

Jadi pertama-tama Anda harus memahami bahwa semua tujuan melalui proses yang dijalankan dari manajemen waktu. Menyusun jadwal dengan hati-hati setidaknya memberi garansi tujuan efektif tercapai. Berikut daftar isi tutorial manajemen waktu penelitian:
  1. Penetapan Target dan Objek
  2. Proses Serial dan Paralel
  3. Rencana Aktivitas Sehari-hari
  4. Menaklukkan Perampok Waktu

Saran Bacaan :

Blaxter L, Hughes C, Tight M (2001), How to Research. Buckinghamshire: Open University Press.

Marshall S, Green N (2004), Your PhD companion. Oxford: How to Books.

Robinson J.P. and Godbey G. (1997). Time for life: the surprising ways Americans use their time. Pennsylvania State University Press, University Park, P.A.

Tutorial Penelitian (2015). 10 Aturan Menempuh PhD atau Doktoral (S3). http://tu.laporanpenelitian.com/2015/01/45.html 30 Januari 2015 (diakses 6 Juli 2015).

Comments