Skip to main content

Uji Korelasi Cramer V SPSS

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Penelitian ~ Uji korelasi Cramer atau Cramer’s V atau Cramer Contigency Coefficient adalah uji hipotesis untuk mengetahui hubungan 2 variabel skala nominal.

Uji Koefisien Korelasi Cramer adalah uji statistik untuk menguji 2 variabel yang menggunakan data nominal. Lebih jauh mengenai skala pengukuran nominal kunjungi laman ini.

Terkait dengan karakteristik skala data nominal tersebut maka uji korelasi Cramer termasuk statistik nonparametrik yaitu tidak mensyaratkan data harus berdistribusi normal.

Untuk mengetahui terdapat hubungan atau tidak dapat dilihat dari nilai signifikansi tiga koefisien korelasi yaitu Phi, Cramer’s V dan Cramer Contigency Coefficient.

Kasus:
  • Adakah hubungan jenis kelamin dengan gangguan jantung?
  • Jenis kelamin skala nominal
    • 1 = Laki-laki
    • 2 = Perempuan
  • Gangguan jantung skala nominal
    • 1 = Positif
    • 2 = Negatif
  • N = 10

INPUT DATA

Gambar 1
Input data ke spreadsheets Microsoft Excel kemudian copy dan paste ke spreadsheets Data View SPSS dilanjutkan dengan input parameter deskripsi ke spreadsheets Data Variable SPSS.

Gambar 1 (klik untuk perbesar) adalah penampakan spreadsheets Data View SPSS. Dengan demikian kita memliki 2 kolom variabel. Pada tahap ini input data sudah selesai. Lanjut langkah perintah uji.


LANGKAH-LANGKAH
  1. Klik Analyze - Descriptive Statistics - Crosstabs...
  2. Pindahkan Kelamin ke Row(s) dan Jantung ke Column(s)
  3. Klik Statistics. Pilih Contogenxy coefficient, Phi and Cramer’s V. Klik Continue
  4. Klik Cells. Pilih Observed dan Expected. Klik Continue
  5. Klik OK
Gambar 2
Gambar 2 (klik untuk perbesar) adalah menu pop-up pada saat Anda melakukan langkah ke-2, ke-3, ke-4 dan ke-5yaitu memilih variabel yang akan dianalisis dan kriterium.

Pada tahap ini uji korelasi Cramer atau Cramer’s V atau Cramer Contigency Coefficient sudah selesai dan kita sudah memiliki output. Langkah selanjutnya mengambil keputusan berdasarkan output.


PENGAMBILAN KEPUTUSAN
  • Jika Sig di atas 0,05 maka Ho diterima
  • Jika Sig di bawah 0,05 maka Ho ditolak
Gambar 3
Gambar 3 (klik untuk perbesar) memiliki nilai Phi, Cramer’s V dan Contogenxy coefficient masing-masing 0,802, 0,802 dan 0,626 dengan Approx. Sig. 0,011 atau lebih kecil dari 0,05 sehingga diputuskan Jenis Kelamin dan Gangguan Jantung berhubungan nyata dan signifikan.

Sekian dulu tutorial olah data SPSS. Analisis-analisis yang lain dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial olah data statistik SPSS. Selamat Meneliti!

Comments