Skip to main content

Manajemen Waktu Penelitian : Rencana Aktivitas Sehari-hari

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Penelitian ~ Anda harus benar-benar memahami sejak awal ketika merencanakan aktivitas apa pun untuk mengisi waktu secara holistik selama rentang periode penelitian dengan disiplin.

Perencanaan ini melibatkan jumlah waktu yang Anda habiskan untuk kegiatan selama periode per minggu, bulan atau tahun untuk mengidentifikasi di mana Anda menghabiskan studi.

Ada 2 aturan dasar untuk menjadwal waktu sebagai berikut:
  1. Jujur. Anda benar-benar menghabiskan waktu nyata daripada waktu yang terpikirkan. Jika hanya sedikit waktu untuk menyelesaikan studi, Anda harus memadatkan jadwal.
  2. Realistis. Jangan meremehkan jumlah waktu baik dalam kegiatan kerja atau bersantai.
Penelitian Robinson dan Godbey (1997) di Amerika Serikat menunjukkan 84 jam dari total 168 dalam seminggu digunakan untuk kegiatan dasar hidup misalnya tidur, makan, mandi, berdandan dan lain-lain.

Dengan demikian 84 jam yang tersisa dalam seminggu dibagi antara bekerja, belajar dan kegiatan rekreasi. Semestinya kita benar-benar punya waktu lebih banyak untuk penggunaan produktif.

Bahkan ada perbedaan budaya yang signifikan dalam pendekatan waktu. Di beberapa negara orang bekerja lebih lama dibanding orang di negara lain, tapi mereka tidak merasa tertekan.

Tabel di bawah membantu Anda memulai sebuah perencanaan bagaimana harus menggunakan waktu sehari-hari dalam penelitian:


Anda semestinya merasa paling penting atau prioritas utama adalah mengisi waktu untuk belajar dan melihat hal tersebut dengan realistis. Kemudian mengatur setiap penyesuaian aktivitas yang lain.

Sekian dulu tutorial pengelolaan waktu penelitian. Tips-tips yang lain dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial Manajemen Waktu Penelitian. Selamat Meneliti!

Saran Bacaan :

Robinson J.P. and Godbey G. (1997). Time for life: the surprising ways Americans use their time. Pennsylvania State University Press, University Park, P.A.

Comments