Skip to main content

Sinar-X Menemukan Struktur Baru Rambut Manusia

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Penelitian ~ Sinar-X mengungkap komponen baru rambut yang mengubah cara pandang kita dan perusahaan kosmetik melihat mahkota kemuliaan manusia.

Tim peneliti AS dan Brasil menyajikan temuan pada pertemuan tahunan American Crystallographic Association yang diselenggarakan di Philadelphia bahwa sampai sekarang literatur struktur rambut masih minim.

"Rambut tradisional terbentuk dari 3 wilayah yaitu medulla, korteks dan kutikula. Kami menemukan zona baru di antara kutikula dan korteks," kata Vesna Stanic, peneliti Brazilian Synchrotron Light Source.

Stanic dan tim membuat temuan dengan menggabungkan submikron X-ray ultra kuat dan geometri penampang. Tujuan awalnya hanya mempelajari material yang digunakan dalam perawatan rambut.

Lentur gelombang material tertentu yang mengungkap regulasi lokal struktur molekul dan atom menghasilkan difraksi. Pola difraksi telah didokumentasi, tapi menggunakan sinar X-ray tegak lurus sumbu serat rambut.

"Kami melakukan peta difraksi penuh dari penampang 30 mikron dengan paralel insiden sumbu dan kemudian membandingkan dengan difraksi tegak lurus," kata Stanic.

Credit: Fabiano Emmanuel Montoro/LNNano/CNPEM

Rambut manusia dianggap hanya terdiri dari protein berserat alpha keratin serta mineral dan lipid tertentu. Stanic sangat terkejut melihat fitur berbeda bahwa difraksi alpha keratin tidak hadir di antara kutikula dan korteks.

Sebelumnya, beta keratin dikaitkan dengan reptil dan burung yang menyusun cakar, sisik, paruh dan bulu kuat tapi fleksibel dan elastis. Beta dan alpha keratin adalah molekul sama, tapi ukuran dan bentuk berbeda.

"Perbedaan mendasar alpha dan beta adalah konformasi molekul. Beta keratin pada dasarnya terdapat dalam alpha keratin. Alpha memiliki struktur heliks, sementara beta biasanya lembaran," kata Stanic.

"Penting mengetahui struktur rambut untuk memahami bagaimana struktur ini mengubah pemahaman para produsen perawatan rambut yang berbeda," kata Stanic.

Comments