Skip to main content

The World Factbook CIA, Data Profile Negara Dunia

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Penelitian ~ CIA World Factbook atau dikenal sebagai the World Factbook adalah publikasi Badan Intelejen Pusat atau Central Intelligence Agency (CIA) Amerika Serikat.

Jika Anda menggeluti bidang sosial tentu membutuhkan data profil yang mencakup sejarah, geografi, demografi, pemerintah, ekonomi, energi, komunikasi, tansportasi, militer dan isu transnasional.

Anda tahu bahwa CIA adalah badan intelijen Amerika Serikat yang tentu memiliki informasi semua negara dengan akurat dan rahasia, tapi instansi ini juga mempublikasi data yang bisa diakses semua orang.

Pada dasarnya Factbook disiapkan CIA untuk mensuplai informasi yang dibutuhkan pejabat pemerintah AS. Namun sering juga digunakan sebagai sumber daya bagi mahasiswa, situs web dan non-pemerintah.

Sebagai sebuah karya pemerintah AS, Factbook adalah domain publik di bawah hukum Amerika Serikat sehingga Anda bebas mendistribusikan dan memodifikasi dengan cara apapun tanpa izin dari CIA.

CIA World Factbook menyediakan informasi high profile bergaya almanak negara-negara di dunia sebagai sumber daya yang sangat membantu untuk eksplorasi awal dalam menyusun skripsi, tesis dan disertasi.

Publikasi CIA adalah bagian dari CIA Library yang mencakup World Factbook, World Leaders dan CIA Maps. World Leaders berisi semua nama dan jabatan kabinet pemerintah di 267 negara dunia.

CIA Library adalah sumber referensi berkualitas tinggi. Sebelum November 2001 data diperbarui setiap tahun, sejak 2004-2010 diperbarui setiap 2 minggu dan sejak tahun 2010 diperbarui setiap minggu!

Edisi Factbook pertama diterbitkan pada bulan Agustus 1962 dan versi unclassified pertama pada bulan Juni 1971. The World Factbook pertama kali tersedia untuk umum versi cetak pada tahun 1975.

The World Factbook
World Leaders
CIA Maps

Pada tahun 2008 CIA menghentikan versi cetak dan tanggungjawab dialihkan ke Kantor Percetakan Pemerintah. CIA ingin lebih fokus pada versi online. Dalam beberapa tahun kemudian Factbook tersedia dalam CD-ROM.

Tanggal 28 Februari 2008 CIA menambahkan entri Kosovo yang mendeklarasi kemerdekaan pada tanggal 17 Februari pada tahun yang sama. Tanggal 19 Juli 2007 entri untuk Timor Timur berganti nama menjadi Timor Leste.

Factbook memiliki akurasi sangat tinggi, berbagai kesalahan informasi demografis biasanya sangat kecil. Ketidakakuratan lebih banyak disebabkan sumber-sumber data asli kadaluwarsa.

Comments