Skip to main content

Spaghetti Raksasa Bathyphysa conifera di Laut Angola

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Penelitian ~ Spaghetti terbang raksasa tertangkap kamera yang dipasang di kapal selam otonom di perairan Angola pada kedalaman 1325 meter.

Remotely operated vehicle (ROV) yang dikendalikan dari jauh oleh Oceaneering International yaitu penyedia peralatan eksplorasi minyak merekam makhluk laut langka di lepas pantai Angola.

Luciano Pedro, Juan Contreras dan Jeffrey Harker memfilmkan makhluk yang jarang terlihat dan sangat langka spesies Bathyphysa conifera pada kedalaman 4.350 kaki (1.325 meter).

Mereka kemudian mengirim rekaman untuk para ilmuwan di SERPENT yaitu proyek kolaborasi dengan para operator ROV untuk meneliti lingkungan air melalui eksplorasi laut dalam yang unik dan inovatif.

Credit: National Oceanographic Centre/SERPENT Project
Daniel Jones dari National Oceanographic Centre di Inggris yang merupakan koordinator proyek SERPENT dengan bantuan Philip Pugh dari Anglia Ruskin University mengidentifikasi spesimen sebagai B. conifera.

"Video dikirim kepada saya oleh industri minyak melalui jaringan Serpent. Ini contoh bagus kerja sama industri memungkinkan kita melihat lebih banyak laut dalam dan kehidupan aneh dan indah," kata Jones.

B. conifera adalah spesies pelagis siphonophore (order Siphonophorae) keluarga Rhizophysidae yang pertama kali dijelaskan biolog Swiss Theophil Rudolf Studer pada tahun 1878.



Seperti siphonophore lainnya, B. conifera adalah hewan kolonial dan ditemukan di zona mesopelagic Atlantik barat. Mereka tidak berbahaya bagi manusia.

"Dalam video tersebut tidak telihat sayap samping atau ptera pada gastrozooids muda atau polip. Tentakel tidak muncul di cabang samping, maka ini spesies Bathyphysa conifera," kata Jones.

Comments