Skip to main content

Jurnal Research Ideas and Outcomes (RIO) Berisi Seluruh Siklus Penelitian

Dapatkan update langusng: Berlangganan via email
Tutorial Penelitian ~ Research Ideas and Outcomes (RIO), penerbit jurnal baru open access yang mempublikasikan seluruh siklus penelitian dan mulai menerima naskah November 2015.

Sebuah jurnal akses terbuka baru yaitu Research Ideas & Outcomes secara resmi diumumkan. Jurnal baru merupakan pergeseran paradigma dalam penerbitan akademik.

Untuk pertama kalinya, RIO mempublikasikan penelitian dari semua tahapan siklus penelitian dengan rangkaian luas semua disiplin ilmu dari sains dan teknologi hingga humaniora.

Jurnal tradisional hanya menerima artikel yang diproduksi pada akhir kontinum penelitian, lama setelah pekerjaan inti telah selesai. RIO menerbitkan ide dan output dari semua tahapan siklus penelitian.

Publikasi mencakup semua pekerjaan mulai dari proposal, desain eksperimen, data, software, artikel penelitian, laporan proyek, kebijakan, rencana manajemen proyek dan banyak lagi.

RIO mengambil langkah lain ke depan dengan platform kolaborasi yang memungkinkan semua gagasan dan output untuk diberi label dengan Impact Categories berdasarkan pada UN Millennium Development Goals (MDGs) dan EU Societal Challenges.


Kategori ini memberi label berbasis dampak sosial yang membantu penyandang dana, media dan masyarakat lebih luas menemukan dan mengidentifikasi dana penelitian yang relevan serta untuk mendorong kolaborasi interdisipliner.

Sifat proses peer-review terbuka harus menghilangkan banyak kekhawatiran. Kurangnya akuntabilitas peer review anonim telah memicu banyak keraguan tentang validitas dan reproduktifitas ilmiah.

RIO mengemas dengan inovasi teknis dan fitur unik. Jurnal ini diterbitkan melalui ARPHA (Authoring, Reviewing, Publishing, Hosting and Archiving) yaitu platform penerbitan pertama yang mendukung siklus hidup penuh seluruh naskah.

ARPHA mencakup authoring, peer review, publikasi dan diseminasi dalam satu ekologi kolaboratif terpadu secara online. Platform juga memungkinkan RIO menawarkan proses peer review paling transparan, terbuka dan umum.

"RIO bukan hanya tentang berbagai jenis submission, meskipun itu adalah fitur penting dan tentu unik untuk menerbitkan penelitian yang sedang berlangsung atau bahkan ketika diusulkan," kata Daniel Mietchen, editor RIO.



"Pendekatan ini juga menghubungkan orang-orang secara bersama-sama di seluruh siklus penelitian, mempersingkat pengajuan publikasi dan inovasi teknis," kata Mietchen.

Fitur-fitur ini menawarkan biaya fleksibel di mana peneliti dapat memilih layanan penerbitan sesuai kebutuhan dan anggaran mereka. Semua isi diarsipkan secara permanen dan tersedia di bawah lisensi open access tanpa embargo.

"Saya bangga untuk merintis jurnal pertama yang mempublikasikan penelitian dari semua tahapan proses penelitian," kata Lyubomir Penev, Co-Founder RIO dan Pensoft.

Pensoft, perusahaan penerbitan balik berdirinya RIO, adalah penerbit kuat dalam akses terbuka yang telah terbukti dengan lebih dari selusin jurnal di bidang sains keanekaragaman hayati dan biologi.

"Untuk pertama kalinya, para peneliti bisa mendapatkan kredit publikasi resmi yang sebelumnya 'tersembunyi' di proposal. Kita dapat mempublikasikan semua output dalam satu yang sama yaitu RIO," kata Penev.

Comments