Skip to main content

Observatorium Palomar Mendapat Mata Baru lebih kuat

Zwicky Transient Facility telah melihat 'cahaya pertama'. Sebuah kamera robot baru dengan kemampuan menangkap ratusan ribu bintang dan galaksi dalam satu tembakan telah mengambil gambar pertama. Kamera adalah inti dari sebuah proyek survei langit berbasis di Palomar Observatory milik Caltech di San Diego.

Tutorial Penelitian Observatorium Palomar Mendapat Mata Baru lebih kuat

Kamera Zwicky Transient Facility (ZTF) akan memindai petak besar langit Utara setiap malam untuk menemukan beragam benda dan peristiwa dalam kecerahan dari waktu ke waktu yang secara kolektif dikenal sebagai transien. Target survei mencakup supernova, lubang hitam, asteroid dan komet.

"Survei ZTF akan transformatif untuk meneliti lubang hitam supermasif yang dipamerkan di bintang-bintang di pusat galaksi," kata Suvi Gezari, asisten profesor astronomi di University of Maryland (UMD) dan Joint Space-Science Institute.

"Waktu kejadian yang dikenal sebagai tidal disruption events dapat digunakan untuk mengukur massa dan putaran lubang hitam. Data dari ZTF mungkin juga menawarkan gambaran sekilas yang langka dan real-time tentang pembentukan disk akresi dan mungkin jet relativistik lubang hitam supermasif," kata Gezari.

Versi pendahulu ZTF adalah Palomar Transient Factory (PTF) dimana dari tahun 2009 sampai 2017 telah menangkap kilatan benda-benda sementara di langit. Proyek ini memanfaatkan tiga teleskop di Observatorium Palomar yaitu Samuel Oschin 48 inci, automated 60 inci dan Hale 200 inci.



Survei ZTF adalah sekuel PTF yang lebih kuat. Nama Zwicky diambil dari Fritz Zwicky yaitu astrofisika pertama Caltech yang menemukan 120 supernova sepanjang karirnya. ZTF dilengkapi Oschin Telescope yaitu kamera survei yang menyapu langit tujuh kali lebih banyak dibanding pendahulunya untuk menghasilkan 24.000 x 24.000 piksel.

Sistem penggerak elektronik ditingkatkan yang memungkinkan kamera mengambil lebih dari dua kali lebih banyak eksposur setiap malam. Para astronom tidak hanya menemukan benda sementara, mereka juga bisa menangkap lebih banyak fitur singkat yang muncul dan memudar dengan cepat.

"Ada banyak kegiatan yang terjadi di langit malam," kata Shrinivas Kulkarni, peneliti utama ZTF dari George Ellery Hale Professor of Astronomy and Planetary Science di Caltech.

LaporanPenelitian.com Observatorium Palomar Mendapat Mata Baru lebih kuat

"Sebenarnya, setiap detik, di suatu tempat di alam semesta, ada supernova yang meledak. Tentu saja, kita tidak dapat melihat semuanya kecuali dengan ZTF. Kita akan melihat puluhan ribu transien eksplosif setiap tahun selama masa tiga tahun proyek," kata Kulkarni.

Gambar dari ZTF akan disesuaikan, dibersihkan dan dikalibrasi di IPAC yaitu pusat data astronomi Caltech. Software akan mencari limpahan data ZTF untuk sumber cahaya, khususnya yang berubah atau berpindah. Data ini akan dipublikasikan ke seluruh komunitas astronomi untuk sumber penelitian dan pendidikan.

Tutorial.LaporanaPenelitian.com Observatorium Palomar Mendapat Mata Baru lebih kuat

Para astronom sangat antusias dengan temuan tak terduga. Temuan terbesar PTF pada tahun 2011 adalah rekaman supernova bernama PTF11kly hanya beberapa jam setelah meledak. Survei ZTF selanjutnya akan memperluas sejumlah benda kosmik termasuk supernova muda, planet di sekitar bintang muda, sistem bintang biner, komet dan asteroid.

Survei ZTF juga akan berkontribusi pada bidang astrofisika seperti sinyal gelombang gravitasi oleh Laser Interferometer Gravitational-wave Observatory (LIGO) dan detektor Virgo, peristiwa neutrino oleh IceCube South Pole Neutrino Observatory dan sinar gamma oleh Fermi Gamma-ray Space Telescope dan Swift Gamma-ray Burst Mission.

Comments

Popular

Footnote atau Catatan Kaki Ibid, Op.cit., dan Loc.cit

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan sumber pada catatan kaki atau footenote mengenal penghematan dengan menggunakan istilah Ibid, Op.cit., dan Loc.cit. Ketiga singkatan tersebut harus diketik italic atau underline.

Ibid merupakan singkatan dari ibidem, yang artinya di tempat yang sama. Jika suatu pustaka atau sumber yang baru saja dikutip (belum diselingi sumber pustaka lain) akan dikutip lagi, maka cukup menggunakan ibid. Jika ibid, itu merujuk halaman yang sama dengan karangan yang sebelumnya, maka ibid harus diganti dengan Loc.cit.

Loc.cit merupakan singkatan dari Loco citato yang artinya dikutip dari tempat yang sama. Bila hendak mengutip halaman yang sama dari sumber yang baru saja dikutip (belum diselang oleh sumber lain) maka catatan kaki cukup disingkat Loc.cit.

Op.cit. merupakan singkatan dari Opere citato, artinya telah dikutip. Jika suatu pustaka atau sumber telah dikutip dalam catatan kaki dan telah diselangi oleh satu atau beberapa sumber lain hendak dikutip lagi, maka p…

Jenis-Jenis Skala Pengukuran Statistik

Tutorial Laporan Penelitian - Skala adalah perbandingan antar kategori sebuah objek yang diberi bobot nilai berbeda. Jenis-jenis skala pengukuran adalah nominal, ordinal, interval dan rasio.

Jenis-Jenis Teknik Sampling

Tutorial Laporan Penelitian - Pada tutorial sebelumnya telah dibahas mengenai populasi dan sampel penelitian serta konsep statistik inferensial yang mendasarinya,

Jenis dan Tipe Desain Penelitian

Tutorial Penelitian - Sebuah desain penelitian adalah rencana sistematis sebagai kerangka yang dibuat untuk mencari jawaban atas pertanyaan penelitian.